Prof. Dr. Mudjia Rahardjo,M.Sc Beri Kuliah Umum Mahasiswa FTIK IAIN Samarinda

ftikkk

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Samarinda, Rabu (07/02/2018) menggelar kuliah umum di Auditorium Gedung FTIK Jl. HAM. Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda. Kuliah umum ini menghadirkan Guru Besar Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Mudjia Rahardjo,M.Sc sebagai narasumber utama.

Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd saat membuka kuliah umum dihadapan civitas akademika FTIK mengatakan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bagi IAIN Samarinda merupakan guru sekaligus saudara.

ftikk“Banyak hal yang membuat IAIN Samarinda dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang harus selalu harmonis. Salah satunya banyak ekselensi dari IAIN Samarinda ini yang kita adopsi dari UIN Maulana Malik Ibrahim, seperti halnya Pesantren Kampus di kampus kita ini,” ungkapnya.

Sementara itu dalam orasinya yang bertema Pengembangan IAIN Samarinda Menuju Research University mengatakan dunia saat ini mengalami perubahan yang cukup signifikan. Hal itu dapat dilihat dari berbagai perkembangan dunia baik dari sisi globalisasi, migrasi dan ilmu pengetahuan teknologinya.

“Perubahan yang selalu dinamis ini merupakan sunnatullah dan harus diantisipasi bersama terutama implikasinya bagi pengembangan lembaga pendidikan tinggi Islam,” tutur Prof. Dr. Mudjia Rahardjo,M.Sc .

ftikIa menambahkan bagi IAIN Samarinda yang sedang berkembang pesat dan ingin bertransformasi menjadi UIN maka ada banyak hal yang harus diperhatikan antaranya konsolidasi yang kuat baik internal maupun eksternal, kepemimpinan yang kuat serta penguatan simbol-simbol keislaman seperti penguatan keberadaan pesantren kampus, salat berjamaah, khotmil qur’an, istighasah, program tahfiz dan lain sebagainya.

“Penguatan akademik dan paradigm pendidikan juga perlu diperhatikan dan untuk itu harus tercermin dalam rencara strategis (Renstra) pengembangan lembaga,” sebut Guru Besar Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim itu.#Tamam