Semua Prodi Terakreditasi, IAIN Samarinda Buka PMB dengan Tiga Pola Seleksi

8W8A1480

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda kembali membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2018/2019. Tercatat ada empat fakultas dengan berbagai Program Studi (Prodi) untuk S-1 dan Program Pascasarjana (S-2).

Dr. Zurqoni, M.Ag selaku Ketua panitia Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Samarinda mengatakan semua Prodi di IAIN Samarinda sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

8W8A1482
“Jadi, yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri bisa langsung mendaftar di sini,”ujarnya.

Untuk pola seleksi dan waktu pendaftaran, lanjut pria yang juga menjabat sebagai wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga itu, juga sudah diatur.

“Pola seleksi dibagi atas tiga bagian, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamanaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Ini seleksi menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya,” jelas Zurqoni.
Sementara itu, adapula seleksi masuk jalur Perguran Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Yang merupakan pola seleksi nasional melalui tes tertulis yang dilaksanakan secara serentak oleh UIN/IAIN/STAIN di seluruh Indonesia.

Ada juga ujian mandiri (UMAN) PTKIN. Ini adalah pola seleksi melalui tes tertulis yang diselenggarakan IAIN Samarinda secara mandiri.

REKTOR BERTEMU MENTERI AGAMA
Pendaftarannya, Dr. Zurqoni, M.Ag memaparkan, untuk SPAN-PTKIN, pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) telah dilaksanakan melalui 30 Januari hingga 3 Maret. Pendaftaran pada 1-29 Maret. Pola UM-PTKIN, pendaftarannya dibuka mulai 8 April sampai 8 Mei, ujian akan dilaksanakan pada 22 Mei.

Terakhir, untuk yang mengikuti seleksi dengan pola ujian mandiri PTKIN, pendaftaran dibuka mulai 10 Juli hingga 2 Agustus. Sedangkan pelaksananaaan ujian diselenggarakan pada 6 Agustus.
Sebagai informasi, banyak alasan mengapa memilih melanjutkan pendidikan di IAIN Samarinda, seperti area kampus luas, asri dan sejuk. Kemudian biaya kuliah terjangkau. Memiliki ruang kuliah dan perpustakaan representative. Ditambah lagi, terdapat asrama putra dan putri.

Akreditasi Institutsi Perguruan Tinggi (AIPT) IAIN Samarinda B, memiliki laboratorium terpadu representative untuk seluruh prodi. IAIN Samarinda juga menawarkan beasiswa Bidikmisi, beasiswa prestasi, beasiswa tahfiz Alquran,BAZ,dan masih banyak lagi.

Selain itu, di sana terdapat program unggulan, yaitu pesantren kampus, kelas internasional, program tahfiz, dan magang di luar negeri. Serta program uang kuliah tunggal (UKT) atau biaya kuliah tunggal (BKT), keduannya memperhatikan mahasiswa kurang mampu.

Untuk informasi lebih lanjut tentang PMB di IAIN Samarinda, dapat menghubungi Sugiono 0813 4700 4726, Badrut Tamam 0821 5454 0811, Muhammad Arbain 0813 4731 6114. Bisa juga melalui Facebook @IAIN Samarinda dan Instagram @iain.samarinda Twitter @IAIN_Samarinda, email panitia_pmb@iain-samarinda.ac.id.#Hms