by

Luar Biasa!!! UKM ECO Gelar Workshop TOEFL Melampaui Target

8W8A6553

SAMARINDA, IAIN NEWS- UKM English Community Organization (ECO) IAIN Samarinda semakin berkelas dan eksis. Setelah beberapa hari yang lalu menggelar acara TOEFL TEST AND WORKSHOP dengan tema Be Free From TOEFL dan bekerjasama dengan Briton Samarinda. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda (28/04/2018).

Kegiatan yang di agendakan oleh UKM ECO merupakan inisiatif para ECO Members( Anggota UKM ECO) untuk menambah wawasan dalam berbahasa inggris khususnya TOEFL karena sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa keluar negeri dan juga untuk mempermudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Ketua UKM ECO, Heisma Yulianita Sari dalam sambutannya menyampaikan prolog untuk TOEFL “ UKM ECO mengadakan TOEFL Test and Workshop ini untuk memfasilitasi Mahasiswa yang ingin memahami TOEFL lebih dalam dan ingin mengikuti tes TOEFL karena di IAIN Samarinda sendiri baru satu kali mengadakan TOEFL Test and workshop ini jadi ECO berinisiatif untuk mengadakan TOEFL workshop ini sebagai wadah bagi mahasiswa IAIN Samarinda yang ingin belajar TOEFL dan mengikuti Tes. Karena TOEFL sendiri sangat penting untuk kalangan mahasiswa dan dosen” ungkapnya.

Dia juga menambahkan bahwa “ peserta yang mengikuti TOEFL Tes and Workshop ini sebanyak 285 peserta padahal target awal hanya 100 mahasiswa jadi ini adalah suatu prestasi yang luar biasa dalam sejarah UKM ECO dan bekerjasama dengan BRITON Samarinda,” tambahnya.

Senada dengan itu, Dosen Tadris Bahasa Inggris (TBI) Sari Agung Sucahyo, M.Pd sekaligus selaku pembina UKM English Community Organization (ECO) mengatakan “saya menilai kegiatan TOEFL Workshop sangat bermanfaat baik untuk siswa dan mahasiswa bahkan juga dosen. Manfaatnya adalah memberikan nilai tambah dalam penguasaan kemahiran bahasa Inggris dalam konteks akademik. Efek samping atau bonusnya adalah mempermudah akses lulus kuliah, kesempatan beasiswa, dan juga promosi jabatan yang kesemuanya itu menggunakan skor TOEFL sebagai salah satu syaratnya. Alasan yang terkait organisasi, Workshop TOEFL dilaksanakan untuk menjalankan salah satu mandat program kerja ECO di mana pengembangan kemampuan bahasa Inggris menjadi core programnya,” ujarnya.
UPLOAD

Adapun Center Manager Briton Samarinda Fitrah Ramadhanur,S.Pd atau Mr.Rams (Sapaan Akrabnya) mengungkapkan bahwa Pelaksanaan TOEFL ini agar peserta mengetahui format test TOEFL dan manfaatnya “ Pelaksanaan TOEFL Test and Workshop ini agar peserta mengetahui format tes Toefl dan untuk lebih mengenal manfaat toefl baik akademik maupun professional,” ungkapnya.

Mr.Rams juga menambahkan bahwa TOEFL Test and Workshop ini diadakan karena agar mengetahui tips dan trik mengerjakan soal TOEFL, serta mengetahui informasi tentang beasiswa ke luar negeri serta termotivasi belajar tentang bahasa inggris,” Tutupnya. #DidiAzman

News Feed