Wujudkan World Class University, IAIN Samarinda Hadiri Seminar on Internationalizing Higher Education Services through Content-Based Instruction (CBI) at the Indonesian Islamic Universities and Colleges

IMG-20180504-WA0011

Samarinda IAIN NEWS,-IAIN Samarinda mengirimkan dan menugaskan Kepala Unit Pegembangan Bahasa, Agung Sucahyo, M.Pd, untuk menghadiri Seminar on Internationalizing Higher Education Services through Content-Based Instruction (CBI) at the Indonesian Islamic Universities and Colleges pada tanggal 3 sampai dengan 4 Mei 2018 dengan tuan rumah penyelenggara Pusat Pengembangan Bahasa UIN SUSKA Riau. Acara Seminar bertempat di Alpha Hotel Pekanbaru.

Pemilihan tema seminar diyakini sangat relevan dengan tag line dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) yang mengusung cita-cita besar dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam menuju World Class University. Penguasaan bahasa tidak lagi hanya berorientasi pada language performance namun juga dapat memfasilitasi penguasaan ilmu pengetahuan yang akan meningkatkan mutu lulusan PTKI agar dapat bersaing dalam level internasional.

Acara seminar tersebut dirangkaikan dengan pertemuan Konsorsium Pusat Pengembangan Bahasa PTKIN. Representasi dari Pusat Pengembangan Bahasa PTKIN yang hadir termasuk UPB IAIN Samarinda melakukan diskusi intensif yang kemudian melahirkan pokok-pokok pikiran sebagai sebuah rekomendasi baik itu dari sisi penguatan kelembagaan, SDM, dan juga optimalisasi layanan dari Pusat Pengembangan Bahasa.

Kegiatan ini merupakan wujud syukur kepada Allah Swt, karena berbagai sounding aspirasi dan rekomendasi bisa tersampaikan.

“Alhamdulillah pertemuan konsorsium tersebut juga dihadiri langsung oleh Direktur Diktis Prof.Dr.M. Arskal Salim, GP, M.Ag. Sehingga rekomendasi tersebut dapat didengar langsung oleh beliau sebagai policy maker di lingkungan PTKI”,ungkap Kepala Unit Pengembangan Bahasa IAIN Samarinda.

Ia pun menambahkan, “Alhamdulilah beliau sangat antusias dan memberikan respon yang sangat positif terhadap rekomendasi tersebut. Tentunya diharapkan ada tindak lanjut yang didukung oleh paket kebijakan Diktis sehingga kualitas layanan pengembangan bahasa dapat semakin ditingkatkan dan dapat mengambil peran strategis dalam mewujudkan cita-cita internasionalisasi PTKI termasuk IAIN Samarinda”, tambahnya.#Arbain.