by

Pramuka IAIN Samarinda Ikuti Perkemahan Wirakarya Nasional XIV Di Riau

30591364_1807570589538647_7587313664030408704_n

SAMARINDA, NEWS – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda mengutus beberapa perwakilannya untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia yang ke 14 di Riau (Kamis,03/05/2018).

Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. Mukhamad Ilyasin. M. Pd mengatakan bahwa “ Kegiatan ini adalah ajang bagi adik-adik Pramuka menunjukkan kemampuan survival di alam dan sekaligus memupuk jiwa sosial di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga meminta kepada peserta selalu menjaga sopan santun dan etika dalam pergaulan di lingkungan perkemahan.

“ Di kegiatan pramuka kali ini para peserta harus menjaga sopan santun dan etika, sebab disana ada banyak peserta dari berbagai daerah yang adat istiadat, suku, dan bahasa yang berbeda, ada juga perwakilan dari Negara lain, maka para peserta kontingen IAIN Samarinda harus memperkuat dan menjaga toleransi dan membina hubungan baik dengan seluruh warga perkemahan,” pesan Rektor.

Senada dengan Rektor, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Hj. Noorthaibah, M. Ag berharap, para Peserta PW IAIN Samarinda bisa mengambil nilai-nilai positif dalam kegiatan kepramukaan dan kelak dapat menerapkannya di lingkungan kampus dan masyarakat.

“ Para peserta pramuka IAIN Samarinda agar bisa mengikuti kegiatan PW ini dengan baik dan serius, karena dengan PW Mahasiswa bisa meningkatkan silaturahmi persaudaraan sesama mahasiswa di kalangan pramuka PTKI (tidak seperti katak dalam tempurung),” imbuhnya.
PRAMUKA

Ia juga mengatakan bahwa “seluruh mahasiswa harus ikut kegiatan pramuka karena pramuka sebagai aktivitas bangsa, kreatif dan sosial sesuai dasa darma, dengan pramuka kita bisa menggali potensi-potensi yang dimiliki anak bangsa, pramuka juga membentuk mahasiswa yang mempunyai jiwa kepemimpinan, bertanggung jawab dan berdedikasi pada ilmu pengetahuan sehingga dapat mengoptimalkan perannya di masyarakat,” tambahnya.

Dalam kegiatan PW kali ini, di ikuti oleh 66 Perguruan Tinggi salah satunya adalah IAIN Samarinda dan memberangkatkan 18 Peserta Pramuka yang tergabung dalam Racana Sultan Sulaiman 10.055 sebanyak 8 peserta dan Racana Aminah Syukur 10.056 sebanyak 7 peserta serta Bindamping 2 orang dan Pembina 1 orang.

Pembina Pramuka IAIN Samarinda Kholif Oktafaniani mengatakan, materi dalam PW berisikan banyak kegiatan lapangan yang akan memberikan pengalaman berharga bagi peserta kontingan.
“Dari Bindamping ada materi sendiri, dari Racana masing-masing juga ada kegiatan sendiri,” ujarnya.

Ia mencontohkan, Bindamping akan mengikuti materi Orientasi Kiat Dynamic Group, Diskusi Perkemahan, Pendidikan kepramukaan dan media ilmiah, Open Forum, Pelantikan Pandega, dan lain-lain. Sedangkan Racana akan mengikuti Home stay, Bakti Sosial, Lomba-lomba, wawasan jurnalistik, Penyuluhan Administrasi Gudep, Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan lain-lain.

“Semoga adik-adik kita mampu bersaing dan mendapatkan hasil positif dalam kegiatan ini dan mampu membangkitkan serta menerapkannya di kepramukaan kampus IAIN Samarinda dan masyarakat,” tutupnya. #DidiAzman

News Feed