Antusias, Mahasiswa Fasya Pelajari Ilmu Falakiyah

falak (3)

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Dalam rangka mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian mahasiswanya, Fakultas Syariah (FASYA) IAIN Samarinda mengadakan Workshop Ilmu Falak 2018, Selasa (15/05/2018).

Bertempat di aula Fakultas Syariah Jl. HAM Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda, Workshop Ilmu Falak berjalan kondusif dan lancar. Workshop Ilmu Falak ini menghadirkan narasumber yang memiliki kompensi di bidang Ilmu Falak atau astronomi.
falak (2)

Mereka adalah H. Jamaluddin, M.Sy, Hj. Vivit Fitr iyanti. S.H.I. MSI, Sulthon Fathoni. Lc. MA.
Dekan Fasya Dr. Hj. Darmawati, M.Hum melalui Wakil Dekan 3 Fasya Dr. H. Moh. Mahrus, M.H.I mengatakan workshop ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai Ilmu Falak atau astronomi secara komprehensif.

“Mahasiswa Fakultas Syariah harus memiliki perbedaan dengan mahasiswa fakultas lain. Perbedaan yang dimaksud adalah mengenai keilmuan yang harus dikuasai. Salah satu pembedanya yaitu dengan menguasai Ilmu Falak,” tuturnya.

Bagi Wadek 3 Fasya, mengingat pentingnya Ilmu Falak maka ilmu ini harus diajarkan di Fakultas Syariah. Sehingga mahasiswa Fasya memiliki keterampilan dan kompetensi yang baik ketika melakukan identifikasi tentang astronomi.
falak (1)

Dari pantauan media ini, workshop diikuti sekitar 70 orang mahasiswa Fasya dari Prodi Hukum Keluarga, Prodi Hukum Ekonomi Syariah dan Prodi Hukum Tata Negara. Materi yang disampaikan dalam workshop meliputi penentuan arah kiblat dan perhitungan dan Metode Ijtima awal Bulan Qomariah, baik secara teori maupun praktik.

Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 13.00 wita dilanjutkan sore harinya kegiatan Rukyatul Hilal dalam Penentuan Awal Ramadhan 1439 H yang bertempat di puncak bukit Graha Indah. Jl. P. Suryanata kel. Air Putih Samarinda.#FASYA