by

LP2M Siap Terjunkan 651 Mahasiswa KKN-KKP IAIN Samarinda 2018

-Mahasiswa-333 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Kampus merupakan wadah di mana seluruh mahasiswa melakukan pendidikan dan pembelajaran, namun sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi, mahasiswa tidak hanya melakukan ritual belajar mengajar saja,
tetapi juga harus melakukan pengabdian kepada masyarakat, salah satunya adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Revolusi Mental dan Kuliah Kerja Profesi (KKP). IAIN Samarinda adalah kampus peradaban yang juga telah menerjunkan mahasiswanya di masyarakat luar khususnya di wilayah Samarinda dan sekitarnya. Untuk memberikan pemahaman dan bekal kepada mahasiswa ketika nanti di masyarakat, sebanyak 606 Mahasiswa-Mahasiswi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Revolusi Mental dan Kuliah Kerja Profesi (KKP) di Masjid Sultan Sulaiman Kampus II IAIN Samarinda, Selasa Pagi (10/17/2018)
KKM2

Dalam kegiatan pembekalan KKN-KKP ini, dihadiri oleh Rektor IAIN Samarinda dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor III, Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag, Kabiro AUAK, Dr.H.M.Kusasi, M.Pd, Dekan FTIK, Dr. Khojir, M.Si, Dekan Fasya, Dr. Hj. Darmawati, M.Hum, Kabag Akademik, Drs. Imam Mohtar, M.Pd, Ketua Pelaksana KKN-KKP, Mustamin Fattah, M.Ag serta seluruh staf di masing-masing unit yang turut menghadiri kegiatan tersebut.
Muhammad Iwan Abdi, M.Si ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Samarinda melalui Mustamin Fattah, M.Ag selaku ketua panitia KKN-KKP, dalam sambutannya menilai jumlah peserta KKN-KKP saat ini sangat membludak diluar dari pada perkiraan panitia dan kami yakin pasti mereka sudah mempunyai kapasitas dalam mengbdikan diri nntinya di masyarakat luas.

Menurut Ketua KKN-KKP, Mustamin Fattah, M.Ag, beliau berujar, “Di luar dugaan kami, jumlah KKN-KKP saat ini sangat membludak hingga mencapai 651 Mahasiswa-Mahasiswi yang mendaftar sebagai calon peserta KKN-KKP yang akan disebar di kedua Kabupaten Kota yakni Kota Samarinda dan Kutai Kartanegara, kami yakin semua pasti mempunyai kapasitas yang sudah mereka dapatkan selama belajar di bangku kuliah, kami harap agar segala ilmu itu dapat disalurkan di masyarakat karena KKN-KKP ini bukan seremonial saja atau sebagai persayaratan menghadapi wisuda akan tetapi ajang untuk mengabdi”, ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga mustamin menyampaikan bahwa ada perbedaan tahun ini dimana sebagian mahasiswa mengikuti KKN Nusantara tepatnya di Lombok dan di Berau.

Beliau juga menambahkan, “Tahun ini ada beberapa juga Mahasiswa-Mahasiswi yang akan mengikuti KKN Nusantara dan nantinya kita juga kita kirim ke Berau sebanyak 8 orang”, tambahnya.

KKM1
Sementara itu, Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd melalui wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Noorthaibah, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan kepada Mahasiswa-Mahasiswi untuk menjaga nama baik lembaga dan mengamalkan ilmunya di masyarakat yang sudah didapatkan dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi
“Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian masyarakat, anda akan segera terjun di masyarakat kami berharap nantinya di sana agar nama lembaga tetap dijaga dengan baik, karena kalian ke masyarakat tidak dengan diri-sendirinya akan tetapi membawa nama lembaga kampus, Sekecil apapun kemampun anda tetaplah di amalkan di masyarakat”, tegasnya.
Kegiatan pembekalan ini akan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 10-12 Juli 2018.#Idris

News Feed