by

Wow, Mahasiswa IAIN Samarinda Jadi Duta Damai Kaltim

-Mahasiswa-310 views

SAMARINDA,IAINNEWS- Mahasiswa IAIN Samarinda kembali menunjukan eksistensi nya pada Program Duta Damai yang di selenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Acara pelatihan Duta Damai Dunia Maya 2018 yang dilaksanakan di Hotel Bumi Senyiur, Balikpapan (25/07/2018).

Acara pelatihan yang di agendakan oleh BNPT semakin menarik karena telah sukses menghadirkan pemuda-pemudi regional Kalimantan Timur untuk merekrut 60 duta damai penggiat dunia maya agar menyampaikan pesan kontra radikalisasi dengan cara yang dapat diterima oleh generasi millennial. Kegiatan Pelatihan Duta Damai Dunia Maya ini di buka secara resmi oleh Kasubdit Kontra Propaganda Kol. Pas. Drs. Sujatmiko.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan prolog untuk Pelatihan Duta Damai Dunia Maya “ Pada zaman millennial saat ini sudah sepatutnya pemuda menjadi garda terdepan dalam melawan paham radikalisme yang bertebaran didunia maya. Langkah ini di ambil oleh BNPT sebagai cara pencegahan paham radikalisme di kalangan anak muda bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Beliau juga menambahkan bahwa “ Pemuda adalah kelompok yang paling rentan terhasut dari paham radikalisme,” tambahnya.


Dalam kesempatan itu pula, beliau juga langsung memberikan Studium General tentang sejarah, peta jaringan dan perekembangan terorisme di Indonesia.

Senada dengan itu, Rektor IAIN Samarinda Dr. Mukhamad Ilyasin, M.Pd mengatakan “ Saya menilai kegiatan Pelatihan Duta Damai Dunia Maya sangat bermanfaat baik untuk pemuda maupun masyarakat bahkan diperguruan tinggi sekalipun. Manfaatnya adalah memberikan nilai tambah dalam menebarkan pesan perdamaian dalam konteks akademik. Efek samping atau bonusnya adalah mempermudah bagi duta damai dalam menangkal aksi propaganda radikalisme dan terorisme di dunia maya” ujarnya.

Beliau juga menambahkan bahwa ia bangga dengan pencapaian Mahasiswanya “Saya sangat bangga karena dalam agenda itu beberapa Mahasiswa IAIN Samarinda juga ikut andil menjadi Duta Damai tersebut, tentu ini menjadi kebanggan bagi kita semua,” tambahnya.

Didi Adzmanur Duta Damai Dunia Maya 2018 mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pelatihan Duta Damai Dunia Maya ini sebagai wadah edukasi dalam meningkatkan generasi anti-hoax agar tidak mudah percaya pada berita yang menimbulkan fitnah,unsur sara dan sikap propaganda radikalisme dan terorisme pada generasi millennial” ungkapnya.

Didi Adzmanur juga menambahkan bahwa Pelatihan Duta Damai Dunia Maya ini diadakan agar mengetahui fungsi dan peran sebagai duta damai, serta mengetahui informasi yang berkaitan dengan berita hoax yang tersebar di dunia maya,”tambahnya.

“Saya juga tidak menyangka dapat terpilih menjadi Duta Damai Regional Kal-Tim sebab ada sekitar 500 orang yang mendaftar se-perguruan Tinggi di Kalimantan Timur dan hanya 60 orang saja yang terpilih, nanti akan akan ada pelatihan Nasional tindak lanjut di Jakarta ataupun Bali,” tutupnya

News Feed