by

UPZ IAIN Samarinda Siap Layani Kebutuhan Muzakki

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Rapat bersama pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) kembali digelar Pimpinan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, Senin pagi (28/8/2018) di Auditorium Rektorat Lt. 3 Jl. HAM Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda.

UPZ IAIN Samarinda merupakan satuan organisasi yang dibentuk oleh IAIN Samarinda melalui bantuan BAZNAS untuk membantu pengumpulan zakat, infaq dan sedekah di lingkungan kampus. Hasil pengumpulan zakat ini nantinya akan diserahkan ke Baznas untuk dikelola sesuai regulasi yang berlaku.

Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd berharap melalui UPZ ini para pendidik dan tenaga kependidikan IAIN Samarinda dapat menyalurkan zakat infaq sedekahnya dengan mudah.

Rapat bersama pengurus UPZ ini menghadirkan Mursyid, S.Ag, M.Si mewakili Ketua Baznas. Dalam pemaparannya ia mengatakan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan salah satu amanah dari keberadaan UU No.23 tahun 2011 yang bertugas untuk melaksanakan pengelolaan zakat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berdasarkan Keputusan Dirjen Bimbingan Islam dan Urusan Haji Nomor D/291 tahun 2001 pasal 9 ayat (2), BAZNAS dapat membentuk Unit Pengempulan Zakat (UPZ) pada instansi/lembaga pemerintah pusat, BUMN, dan perusahaan swasta yang berkedudukan di Ibukota Negara dan pada kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.


“Berdasarkan Keputusan Dirjen Bimbingan Islam dan Urusan Haji Nomor D/291 tahun 2011 pasal 9 ayat (1), definisi UPZ atau Unit Pengumpul Zakat merupakan satuan organisasi yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat di semua tingkatan dengan tugas untuk melayani muzakki yang menyerahkan zakatnya. Jadi UPZ yang ada di IAIN Samarinda ini pada hakekatnya adalah untuk melayani kebutuhan para muzakki,”ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya pengarahan dari Baznas melalui perwakilan Baznas ini UPZ IAIN Samarinda mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Dapat melayani kebutuhan para pezakat di lingkungan kampus.#tamam

News Feed