by

Fasya Tegaskan Komitmen Cetak Penyelia Halal

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Bertempat di Aula Rumah Jabatan Walikota Samarinda, 20 September 2018/10 Muharram 1440 H. Fakultas Syariah (Fasya) IAIN Samarinda menggelar Workshop Penyelia Halal bertema “Peran Penyelia Halal Terhadap Sertifikasi Jaminan Produk Halal di Kalimantan Timur”. Kegiatan ini diikuti 100 peserta, terdiri dari mahasiswa Prodi Hukum Keluarga, Prodi Hukum Ekonomi Syariah dan Prodi Hukum Tata Negara (Siyasah).

Workshop dibuka langsung oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Syariah, H. Murjani, S.Ag., SH., MH dan dihadiri oleh para dosen, pejabat struktural dan fungsional serta sivitas akademika Fakultas Syariah (Fasya).

Pada Workhsop Penyelia Halal ini Fasya menghadirkan empat narasumber yang memiliki kompetensi keilmuwan mumpuni dibidangnya. Marwati, S.TP, MP., yang membahas tentang Prosedur Jaminan Produk halal yang berlaku di LLPOM MUI, Dr. Aswita Emmawati, S. TP, M. S. I, menyampaikan tentang Peran Penyelia Halal dalam Sertifikasi Jaminan Produk Halal, Marjan Wahyuni, M.Kes mengulas tentang Prosedur Penyelia Halal dan Perannya dalam Sertifikasi Jaminan Produk Halal, dan Reni Hidayati, S.Ag., S.H., M.H.I membahas tentang UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Dalam sambutannya Wakil Dekan 1 Fakultas Syariah H. Murjani, SH, MH mengapresiasi kinerja panitia pelaksana sehingga workshop penyelia halal dapat digelar. Dirinya berharap agar mahasiswa memahami betapa urgen peran penyelia halal dalam sertifikasi produk halal. “Kita berharap ke depannya alumni Fasya dapat berperan sebagai penyelia halal LP POM MUI,” ungkapnya.

Dimoderatori langsung oleh Yanti Haryani. S. H. I,. M. H, workshop berlangsung dengan santai, kondusif dan lancar.

Workshop penyelia halal juga dimeriahkan oleh penampilan tarian khas Aceh oleh mahasiswi Fasya dengan mempersembahkan tarian bertema Ranup Lampuan yang dimodifikasi dengan budaya Kaltim.#Fasya

News Feed