by

Alumni Fakultas Syariah Diharap Mampu Jawab Tantangan Era Milenial

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Fakultas Syariah menggelar Kuliah Umum yang bertemakan Revitalisasi dan Internalisasi Keilmuan Syariah Menjawab Tantangan Alumni Fakultas Syariah di Era Milenial yang dirangkai dengan pelantikan pengurus MPW Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI) Provinsi Kalimantan Timur, selasa (2/10/2018) di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur.

Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd saat membuka acara menyampaikan apresiasinya pada segenap panitia karena telah menyusun kegiatan yang tepat guna dalam usahanya mempromosikan Fakultas Syariah.

“Atas nama pimpinan kami menyambut baik kuliah umum ini.Temanya menarik dan tepat. Apalagi kita tahu bahwa saat ini di era yang masyarakat banyak menyebutnya milenial terdapat hal-hal yang harus dijawab oleh para alumni Fakultas Syariah. Kita berharap kuliah umum seperti ini dapat membantu branding IAIN. Utamanya pada kalangan generasi muda bahwa IAIN juga siap berkontribusi dalam pembinaan masyarakat terkait dengan persoalan keagamaan dan keilmuan-keilmuan yang sesuai dengan Al-Quran,”tuturnya.


Prof. Dr. H. Muhmmad Amin Suma, SH, MA, MM yang merupakan Guru Besar dari Universias Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dalam pemaparannya menyampaikan bahwa sarjana syariah merupakan satu-satunya sarjana yang gelarnya tercantum dalam Undang-Undang, serta mempunyai cara pendekatan keilmuan hukum melalui tiga cara yakni Normatif, Filosofis dan Sosiologis.

Ketua panitia, Dr. Akhmad Haries, M.Ag mengutarakan kegembiraannya karena kuliah umum ini menuai banyak peminat.

Kendati demikian dirinya sebagai ketua panitia sempat mengalami problem dalam menentukan tempat acara. “Karena peminatnya banyak kami sempat bingung mau pinjam tempat di mana. Tapi setelah berikhtiar, akhirnya alhamdulillah mendapat tempat yang sangat representatif untuk kuliah umum,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini ia juga berharap agar auditorium IAIN Samarinda bisa segera selesai sehingga saat menggelar kuliah umum dan lain sebagainya yang melibatkan banyak peserta tidak lagi pinjam di luar.#dep

News Feed