by

Kuliah Umum Menteri Agama : Keberagaman Itu Fitrah

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifudin melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur, Kamis (29/11/2018).

Dalam kesempatan kunjungan kerja ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memiliki agenda meresmikan layanan terpadu satu atap di Kementerian Agama Wilayah Kalimantan Timur dilanjutkan dengan kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda Jalan HAM. Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda.


Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd dalam sambutannya mengatakan sangat senang mendapat kunjungan dari orang nomor satu di Kementerian Agama RI. Hal itu diungkapkan Rektor sebagaimana terkias dalam pantun yang disampaikannya.

“Burung Dara // Burung Merpati// Terbang beriring begitu tampak harmoni//Kehadiran Pak Menteri kami sambut dengan senang hati//Kita doakan semoga beliau menjadi pemimpin di negeri ini,” ujar Rektor.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di hadapan ribuan mahasiswa pada kuliah umum yang bertema Penguatan Keberagaan di tengah Keragaman mengutip salah satu surah dalam Al-Qur’an yakni Surah Al Maidah 48 yang menyatakan bahwa keberagaman merupakan fitrotullah.

“Allah memberikan gambaran buat kita semua, bahwa sekiranya Allah menghendaki untuk menjadikan seluruh ummat manusia di Dunia ini tanpa ada perbedaan, Allah itu mampu dan bisa menjadikannya seperti itu, tapi Allah tidak berkehendak demikian” ungkap Menteri.


Menurut Menteri Agama keberagaman merupakan jatidiri bangsa yang harus dibingkai dengan nilai-nilai kemanusiaan. Dalam beragama diajarkan bagaimana menghormati kemanusiaan secara adil dalam upaya memanusiakan manusia.

Diakhir pemaparannya Menteri Agama sempat merespon keinginan Rektor IAIN Samarinda yang sedang berjuang dalam proses alih status menjadi UIN Kaltim.


Menurut Menteri, untuk alih status menuju UIN Kaltim, maka hal itu berpulang kembali pada civitas akademika IAIN Samarinda untuk lebih bersinergi dalam mengukir prestasi agar semua persyaratan yang dipersyaratkan dalam proses alih status dapat dilengkapi.#Tamam

News Feed