by

Peskam Gandeng UKM JQH Gelar Peringatan Maulid Nabi

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Rabu 05/12/2018 Pesantren Kampus (Peskam) mengadakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw bersama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam’Iyyatul Qurro’ Wal Huffadzh di Masjid Sultan Sulaiman Kampus II Jalan AM. Rifaddin Loajana Ilir Kota Samarinda. Kegiatan Maulid ini mengangkat tema Membentuk Karakter Muslim di Era Milenial Dengan Meneladani Akhlak Rasulullah yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Syukur, Lc. MHI

Dalam tausyiahnya Ustadz Abdul Syukur mengatakan, dengan perayaan maulid nabi, semestinya mengokohkan rasa cinta kita kepada Baginda Rasulullah Saw, mencintai Baginda pun tidak cukup hanya sekedar kata-kata saja akan tetapi harus dengan mencontoh akhlak Rasulullah Saw dan mengatahui sejarah beliau.

Seperti itulah pesan ustadz Abdul syukur, Lc, MHi saat penyampaikan materi ceramah maulid Rasulullah Saw di masjid sultan Sulaiman.

Dihadapan ribuan jamaah ia juga mengajak Mahasiswa-Mahasiswi IAIN Samarinda untuk senantiasa mempertahankan rasa cinta kepada Nabi dengan menjalankan Sunnah-Sunnahnya apa yang pernah diajarkan, termasuk fiqh dan sholat beliau.


“Dengan perayaan maulid nabi Muhammad Saw harusnya mengokohkan rasa cinta kita kepada beliau. Cinta pun tidak hanya sekadar diucapkan dengan lisan ataupun dinyanyikan dalam bentuk lagu yang indah, akan tetapi mencintai Baginda harus pula dengan mencontoh akhlak beliau, mengenal sejarah-sejarah kehidupan beliau termasuk fiqh dan ibadah Rasulullah Saw, karena itu Rasulullah diutus oleh Allah untuk dicontoh akhlaknya”

Senada dengan itu Dr.H. Mukhamad Ilyasin, MPd selaku Rektor Samarinda melalui Dr. Hj. Noorthaibah, MAg wakil rektor III IAIN Samarinda mengatakan dengan maulid ini sebenarnya telah membuktikan cinta kita kepada Rasulullah Saw akan tetapi mencintai beliau tidak hanya dengan perayaan maulid saja tetapi perlu dengan pengaplikasian dengan mencontoh akhlak Rasulullah. Oleh karenanya Hj. Noorthibah mengajak kepada Mahasiswa yang hadir untuk mendengarkan hikmah maulid yang disampaikan oleh penceramah nantinya.


“Alhamdulillah kita kembali merayakan maulid nabi kali ini, sebenarnya dengan perayaan ini sudah bagian bukti cinta kita kepada nabi, seperti tadi dilantunkannya sholawat-sholawat oleh grub Habsyi, akan tetapi tidak hanya sampai disitu saja, melainkan kita juga perlu mencontoh akhlak beliau dalam kehidupan sehari-hari,”tutur Hj. Northaibah.

Ditemui di ruang berbeda, Muhammad Nasrun, MPd selaku Direktur Pesantren Kampus (PESKAM) IAIN Samarinda, sesuai dengan tema “membentuk karakter muslim di era milenial dengan menaladani akhlak Rasulullah” beliau sampaikan bahwa Mahasiswa saat ini termasuk Muslim milenial dan banyaknya tantangan zaman yang harus dihadapi, terlebih lagi mereka adalah calon pemimpin.

Oleh karena itulah menurut Ustadz Nasrun dengan adanya maulid ini maka mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan kisah Rasulullah dan meneladani akhlak Nabi Muhammad Saw. beliau juga mengatakan hari ini remaja telah mengalami kemerosotan akhlak, maka dengan maulid ini dijadikan usaha pembinaan akhlak yang baik dengan menjadikan Muhammad Saw sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari.

“saat ini Mahasiswa kita termasuk Muslim milenial, banyak sekali tantangan zaman yang harus mereka hadapi dan mereka termasuk calon pemimpin nantinya, maka daripada itu, sangat penting sekali dengan perayaan maulid seperti ini agar mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk kembali mendengar kisah akhak Rasulullah dan juga menjadi sarana pembinaan akhlak pada mahasiswa dan mahasiswi kita sendiri dengan mencontohi akhlak Rasulullah Saw” ujar Ustadz Nasrun, MPd.


Selain itu Muhammad Fahri yang merupakan organisatoris UKM JQH sekaligus Ketua Panita merasa bersyukur atas terselenggaranya acara ini, dalam kesempatan ini Fahri sampaikan terimakasih kepada seluruh panitia atas partisipasnya dalam menjalankan tugas kepanitiaan, Fahri juga berharap agar PESKAM dan JQH senantiasa bisa bersinergi dalam menjalankan program kerja khusunya pada peringatan hari besar Islam lainnya.

“saya bersyukur atas suksesnya acara maulid ini, oleh karena itu saya ucapkan terimkasih kepada panitia yang telah berpartisipasi dalam kegiatan maulid ini. saya juga berharap agar antara PESKAM dan JQH bisa senantiasa bersinergi dalam mejalankan program kerja khsusnya peringatan hari besar Islam lainnya. Tutup Fahri

Media juga melaporkan bahwa dalam acara maulid ini dihadiri pula oleh Dosen dan staf Pesantren Kampus yang terkait.#humas

News Feed