by

Perdana, IAIN Samarinda Wisuda di Rumah Sendiri

-IAIN Samarinda-1,206 views

SAMARINDA, IAIN NEWS, –Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda gelar wisuda dan angkat sumpah hari ini, Rabu (19/12). Momen spesial nan bahagia yang dinanti-nantikan oleh 753 mahasiswa tersebut, akan dilaksakanakan di Auditorium kampus II IAIN Samarinda, Jalan HAM Rifadin, Loa Janan Ilir, Samarinda. Pada acara ini dihadiri Gubernur Kaltim Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si


“Ini merupakan wisuda perdana di rumah sendiri dan segala sesuatunya telah dikondisikan sehingga menjadi acara yang paling bermakna dalam catatan sejarah Kampus Hijau IAIN Samarinda,” jelas Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin MPd.


Wisuda kali ini kata dia, ingin memperkenalkan IAIN Samarinda sekaligus memberikan informasi lebih kepada masyarakat dan keluarga alumni bahwa kampus tersebut kondisinya sudah cukup maju dan bisa melahirkan lulusan-lulusan yang berdaya saing tinggi.

Selain itu, wisuda tersebut juga sebagai langkah awal mempersiapkan transformasi dari IAIN Samarinda menuju ke UIN. Sehingga dilaksanakan berbarengan dengan kuliah umum oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof Kamaruddin Amin MA.

Tidak hanya itu, pada momen spesial itu, juga diadakan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara IAIN Samarinda dengan Pemerintah Provinsi Kaltim terkait rencana pengembangan kampus untuk bertransformasi menjadi UIN.

Rektor menambahkan, untuk mempersiapkan para lulusan yang berdayasaing tinggi, pihak kampus sudah melakukan berbagai langkah kongkrit. Termasuk kerjasama luar negeri yang telah terjalin dengan baik seperti Malaysia, Brunaidarussalam, Thailand, Turki dan lain sebagainya.


“Ini juga wisuda perdana bagi mahasiswa kami lulusan dari luar negeri yakni Malaysia dan Thailand. Dalam kesempatan ini kami adakan bazar dari UKM-UKM dan tiap-tiap Prodi untuk tamu undangan agar dapat melihat langsung keunggulan dan fasilitas lainnya di Kampus IAIN Samarinda. wisuda ini diikuti oleh 753 alumni dari empat fakultas dan pasca sarjana. Semoga peran alumni IAIN Samarinda lebih berkontribusi dalam segala aspek sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya masing-masing,” imbuhnya.

Diketahui wisuda ke XXIX untuk Sarjana Strata Satu dan Ke V untuk Program Pascsarjana S2 ini digelar di Auditorium Sultan Sulaiman IAIN Samarinda. Auditorium ini seperti diketahui pendanaannya bersumber dari SBSN. Dengan adanya gedung auditorium ini menurut Wakil Rektor bidang Akademik Dr. Zurqoni, M.Ag yang juga bertindak selaku ketua panitia wisuda, direncanakan prosesi wisuda akan digelar dua kali dalam setahun.(*/dir/adv/azr)

News Feed