by

Gubernur Kaltim Ingatkan Pentingnya Jaga Kebersamaan Umat

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Kamis pagi (03/01/2018) Kementerian Agama Wilayah Provinsi Kalimantan Timur menggelar upacara guna memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 73 Tahun 2019 di Halaman Parkir Gedung Olah Raga (GOR) Segiri Jalan Kusuma Bangsa Samarinda.


Upacara peringatan HAB dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.SI sebagai inspektur upacara.

Sebagai peserta upacara adalah dosen, pegawai, mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, pelajar tingkat Madrasah Tsanawiyah hingga Aliyah dan jajaran Kanwil Kaltim.


Dalam upacara tersebut Inspektur upacara menyampaikan katasambutan Menteri Agama RI, Lukman Hakim.
Menteri Agama mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersamaan umat.


“Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu Jaga
Kebersamaan Umat, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik
sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energy kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan. Ajakan yang sama kepada semua elemen bangsa, mari jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari. Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antarsesama anak negeri. Seluruh ASN dan jajaran Kementerian Agama haruslah menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan kita yang bhinneka. Setiap kita haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan,” ujarnya.


Lukman Hakim juga berpesan kepada seluruh ASN untuk menjaga kejujuran, dan keikhlasan memberikan amal bakti bagi segenap warga negara tercinta. Dalam tugas sehari-hari, setiap aparatur Kementerian Agama harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik, kepemimpinan yang amanah, dan memberi kemudahan kepada masyarakat luas, untuk
memperoleh akses pelayanan keagamaan secara akuntabel dan berkualitas.


Menurutnya Pemerintah melalui peran dan fungsi Kementerian Agama harus hadir memberikan pelayanan keagamaan bagi semua umat beragama dengan berbagai fasilitasi. Kementerian Agama menyelenggarakan pelayanan publik di bidang keagamaan dengan tiada henti melakukan inovasi. Memasuki Tahun 2019, enam sasaran strategis program Kementerian Agama telah digariskan, yakni: meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan, meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan peningkatan kualitas tatakelola pembangunan bidang agama.


“Enam sasaran tersebut harus tercermin dalam program kerja pusat dan daerah. Di samping itu, pembinaan toleransi dan kerukunan antar-umat beragama, pengembangan moderasi beragama dan pembangunan akhlak bangsa perlu disuarakan lebih nyaring di ruang-ruang public,” jelasnya.


Diakhir sambutannya inpektur upacara menyampaikan atasnama Pemerintah Daerah Provinsi Kaltim mengucapkan Dirgahayu ke 73 Kemenag, semoga bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.


Dari pantauan media ini upacara HAB ke 73 sempat diwarnai dengan gerimis namun upacara tetap berjalan dengan khidmat dan lancar. Upacara dimulai 08.00 dan berakhir 09.00 WITA. Pada kesempatan apel bersama itu juga dilakukan penyematan penghargaan satyalancana pada pegawai di Kemenag Kaltim.#Yusran

News Feed