by

Kuliah Umum Penguatan Akademik dan SDM

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, Selasa 08/01/2019 menggelar kuliah umum di aula gedung rektorat lantai 3 Kampus II IAIN Samarinda, Jalan HAM Rifaddin Loa Janan Ilir Kota Samarinda.

Kuliah Umum ini mengusung tema Penguatan Akademik dan Sumber Daya Manusia Institut Agama Islam Negeri Samarinda, dengan dua narasumber yakni Dr. Mamat S. Burhanuddin, M. Ag selaku Kasubdit Pengembangan Akademik PTKI Kemenag RI dan Drs. Syafi’i, M. Ag selaku Kasubdit Ketenagaan Direktorat PTKI Kemenag RI.


Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhammad Ilyasin, MPd dalam sambutannya mengungkapkan bentuk rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan kuliah umum diawal tahun ini dengan dua narasumber dari Kemenag RI.

Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada kedua narasumber yang telah bersedia memberikan wawasan penguatan akademik dan kepagawaian di lingkungan IAIN Samarinda. Selain itu, ia juga menuturkan pentingnya kegiatan ini untuk diselenggarakan di awal tahun agar secara pelayanan dan kepegawaian IAIN Samarinda semakin semangat.

“Kita bersyukur atas terselanggaranya kegiatan ini di awal tahun dengan mendatangkan dua narasumber langsung dari Kemenag RI dan saya ingin mengucapkan terimakasih kepada kedua narasumber yang telah bersedia memberikan penguatan akademik dan kepegawaian” Ungkap Rektor.


Sementara itu, dalam materinya Dr. Mamat S. Burhanuddin, M. Ag menyampaikan bahwa PTKI harus mencapai beberapa standar terutama pada bidang akademiknya, termasuk standar itulah yang harus dicapai sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan yang mengacu pada standar pendidikan, ia juga menyampaikan di tingkat Rektorat dan para Dekan juga mempunyai tugas untuk mengawasi dan mendukung segala upaya yang dilakukan oleh Prodi dalam menjalankan segala programnya, tujuannya adalah untuk menilai sejauh mana Prodi menjalankan tugasnya berdasarkan panduan yang telah ditetapkan oleh pendidikan tinggi.

“Kita di PTKI memang harus mencapai beberapa standar yang telah ditetapkan, misalnya saja pada bidang akademiknya ataupun kurikulumnya yang mengacu pada standar pendidikan berdasarkan panduan yang telah ditetapkan oleh kementerian. Rektorat dan Dekan juga harus mendukung upaya Prodi dalam menjalankan programnya dan memberikan pengawasan, tujuannya untuk melihat sejauh mana Prodi tersebut dalam menjalankan tugas sesuai dengan panduan ketetapan pendidikan tinggi” tutur Dr. Mamat S. Burhanuddin, M. Ag.


Sementara itu Dr. Syafi’i, M. Ag selaku narasumber kedua mengatakan bahwa Dosen merupakan pendidik alias ilmuwan profesional dengan tugas utama adalah mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmunya melalui pendidikan, pengajaran serta melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itulah Dosen harus memberikan pengajaran yang berbeda dengan guru. Selain itu beliau juga berharap agar dosen mampu mentransformasi ilmunya bisa melalui penelitian.

“Dosen mempunyai tugas yang jauh berbeda dengan guru, kalau dosen itu merupakan ilmuwan yang profesional tentu tugasnya harus mentrasnformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmunya melalui pengajaran, penelitian dan pengbdian kepada masyarakat. Maka daripada itu dosen harus mampu tampil dengan standar tersebut di suatu lembaga pendidikan tinggi,” ungkap Dr. Syafi’i, M. Ag #Idris

News Feed