by

143 Mahasiswa Program Pascasarjana Ikuti Ujian Tulis Komprehensif

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Hari ini sejumlah mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri Samarinda yang duduk di tingkat akhir mengikuti ujian komprehensif secara tulis, Jum’at, (18/01/2019).


Penyelenggaraan ujian komprehensif bagi mahasiswa PPs IAIN Samarinda ini diikuti 143 peserta dari berbagai program studi. Antaranya Prodi PAI 63, Prodi MPI 17, Prodi PIAUD 7, Prodi HK 22, Prodi ES 24, Prodi KPI 7.


Direktur PPs IAIN Samarinda Dr. Muhammad Nasir, M.Ag melalui Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku Kaprodi MPI mengatakan ujian tulis komprehensif tahun ini dilaksanakan serentak diikuti mahasiswa Program Pascasarjana dari berbagai Program Studi.

“Sistem ujian kali ini kita buat acak. Jadi satu ruang terdiri dari mahasiswa berbagai Prodi. Kami bebaskan mahasiswa membawa buku sebanyak-banyaknya namun tidak boleh membawa laptop dan handphone,” tuturnya.


Selanjutnya menurut Dra. Etty Nurbayani, M.Pd, ujian komprehensif ini tetap berjalan dengan kondusif karena diawasi langsung oleh Kaprodi dan sekretaris Prodi masing-masing. Dijelaskannya kedepan setelah mahasiswa dinyatakan lulus maka akan menghadapi ujian lisan.

“Bagi mahasiswa yang tidak lulus ujian tulis komprehensif ini akan mengulang kembali pada kelompok matakuliah yang tidak lulus,” pungkasnya.

Diketahui Ujian komprehensif merupakan ujian yang dilaksanakan untuk mengukur tingkat penguasaan mahasiswa dalam bidang keislaman dan spesialisasi keilmuan Fakultas/Jurusan/Program Studi/Konsentrasi serta menilai kemampuan mahasiswa dalam berpikir secara interdisipliner sebagai syarat untuk mengikuti ujian tesis.

Bentuk dan sifat ujian komprehensif ini berbentuk ujian tulis dan lisan. Keduanya merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi. Ujian komprehensif ini bersifat wajib bagi setiap mahasiswa program pascasarjana.


Adapun materi ujian komprehensif mencakup keseluruhan bahan perkuliahan dan pengalaman belajar yang terintegrasi antara mata kuliah keislaman yang tergabung dalam komponen mata kuliah keilmuan keterampilan (MKKK) serta mata kuliah keahlian sesuai dengan program studi yang termasuk dalam komponen mata kuliah keahlian berkarya (MKKB).#Tamam

News Feed