by

Jaring Mahasiswa Baru, IAIN Samarinda Sosialisasikan SPAN-UM PTKIN ke Kepala SMA/SMK/MA Se Kaltim

SAMARINDA, IAIN NEWS- Menyongsong masa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAIN Samarinda tahun ajaran 2019-2020, IAIN Samarinda di bawah komando Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. Zurqoni, M.Ag, didampingi Kasubag Akademik Imam Mukhtar dan Sugiyono, M.Kom Kepala Unit Teknologi Informasi Pangkalan Data, mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru jalur SPAN-UM PTKIN pada guru BK dan operator sekolah di tingkat SMA, SMK dan madrasah sederajat, Selasa (29/01/2019).


Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd didampingi Dr. Zurqoni, M.Ag mengatakan IAIN Samarinda sudah menjelma perguruan tinggi dengan sejuta prestasi. Baik itu prestasi mahasiswa, dosen maupun karyawan.

Diantara prestasi membanggakan yang di miliki IAIN Samarinda yakni kampus hijau ini merupakan PTN satu-satunya di Kalimantan yang memiliki 3 jurnal terakreditasi Sinta 2.


Untuk itu dirinya berharap para muda-mudi Kaltim dan Kaltara untuk tidak ragu dalam menjatuhkan pilihan kuliahnya di IAIN Samarinda.

Dihadapan para guru Sugiyono, M.Kom Kepala Unit Teknologi Informasi Pangkalan Data yang juga bertindak sebagai narasumber mengemukakan SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.


“PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN,” jelas Sugiyono, M.Kom.


Dari pantauan media ini para guru yang juga bertindak sebagai operator sekolah aktif melakukan dialog terkait alur pendaftaran. Tidak hanya itu dialog juga banyak diwarnai dengan pertanyaan mengenai UKT-BKT serta beasiswa yang ditawarkan di IAIN Samarinda.#Tamam

News Feed