by

LKIF FASYA bantu SMP 8 Menetapkan Arah Kiblat

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) Fakultas Syariah IAIN Samarinda kembali melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan membantu penetapan arah Kiblat di SMP 8 Rapak Dalam Loa Janan Ilir (07/02/2019).


Dahriansyah sebagai guru di SMP 8 dan panitia pembangunan Masjid mengatakan, “Sebelum pembangunan dimulai, agar arah pondasi sudah sesuai arah Kiblat maka kami mengundang LKIF Fasya untuk membantu menetapkan arah Kiblatnya.”

LKIF dan beberapa mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kajian Falak datang dengan membawa Theodolit dan aplikasi kompas. Pengukuran dilakukan dengan tiga (3) cara; theodolit, aplikasi kompas, dan penggunaan bayang-bayang benda untuk menentukan arah barat dan utara.


Arah kiblat yang dipakai adalah titik 292 derajat. Sebagaimana yang digunakan oleh tokoh masyarakat ahli Falak di Kaltim dan juga sudah dikonfirmasi melalui Google Earth. Sertifikat juga akan dikeluarkan oleh LKIF untuk diserahkan kepada SMP 8 yang menunjukkan bahwa penetapan arah kiblat dilakukan oleh LKIF dan akan ditandatangani langsung oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. Hj. darmawati, M.Hum.#HumasFasya

News Feed