by

Penjaringan Bakal Calon Rektor IAIN Samarinda Lalui Prosedur Transparan dan Akuntabel

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda telah menjalankan fungsi dan tugasnya dalam menjaring bakal calon rektor IAIN Samarinda masa bakti 2019-2023.

Dr. H. M. Abzar, M.Ag selaku Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor IAIN Samarinda kepada media ini mengungkapkan prosesi penjaringan bakal calon rektor IAIN Samarinda sudah melalui tahapan dan prosedur yang berlaku sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 68 Tahun 2015.


“Kami panitia penjaringan bakal calon rektor yang terdiri dari dari dosen serta pegawai telah bekerja sebagaimana PMA Nomor 68 tentang pengangkatan dan pemberhentian rektor dan ketua pada perguruan tinggi keagamaan yang diselenggarakan oleh pemerintah,”ujar Dr. H. M. Abzar, M.Ag didampingi Kabiro AUAK IAIN Samarinda Dr. H.M. Kusasi, M.Pd.

Menurutnya berbagai prosedur berdasar PMA 68 telah dilakukan panitia mulai mulai dari penyusunan kriteria, rapat, pengumuman dan penjadwalan.


“Dalam surat bernomor B-6650/In.18/1/KP.00.00.2/10/2018 maka pengumuman penjaringan bakal calon rektor resmi dimulai pada 26 Oktober 2018 lalu. Selanjutnya panitia sebagaimana tertera dalam jadwal panitia masuk pada prosedur pendaftaran, verifikasi kelengkapan persyaratan administrasi hingga diperoleh empat nama bakal calon rektor,” sebutnya.

Lebih lanjut Dr. H. M. Abzar, M.Ag menyampaikan agenda selanjutnya melalui senat IAIN Samarinda melakukan penilaian kualitatif.

“Selepas penilaian kualitatif oleh Senat IAIN Samarinda maka panitia penjaringan bakal calon rektor bersama rektor dan perwakilan senat menyerahkan hasil penjaringan kepada Kementerian Agama RI di Jakarta dan diterimakan langsung Sekretaris Menteri.

Proses Selanjutnya adalah uji kelayakan dan kepatutan. Dilaksanakan oleh Komisi Seleksi yang dibentuk Menteri agama yang terdiri dari para Guru Besar dan Profesional serta memiliki kredibilitas serta integritas yang tinggi.
Hingga saat ini kami selaku panitia dan tentunya seluruh civitas akademika menanti keputusan Menteri Agama dari keemoat nama yg telah kami ajukan ke pusat.


“Alhamdulillah ke empat bakal calon Rektor IAIN Samarinda yang sudah melalui proses penjaringan dan komsel adalah merupakan calon terbaik saat ini, sehingga Siapapun yang ditetapkan Menteri Agama insya Allah akan membawa IAIN Samarinda ke arah yang lebih baik,” ungkapnya.#Tamam

News Feed