by

Prof. Dr. Moh. Mukri, M. Ag Jawab Tantangan PTKIN Hadapi Revolusi Industri 4.0

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda mengadakan Kuliah Umum dengan tema Revitalisasi Keberagamaan Sumber Daya Manusia PTKIN di Aula lantai 3 Rektorat IAIN Samarinda Kampus 2 Jalan HAM. Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda. Acara ini dihadiri oleh para CPNS IAIN Samarinda, Selasa 09/04/2019.

Kuliah umum ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. H. Moh. Mukri, M. Ag selaku Rektor UIN Raden Intan Lampung.

Dalam pemaparannya tentang tantangan PTKIN di Era Industri 4.0, Profesor menyebut Global competitiveness index pada Word Economic 2017-2018 menempatkan Indonesia pada posisi ke-36. Naik lima peringkat dari tahun sebelumnya posisi ke-41 dari 137 negara.

Menurut Rektor UIN Raden Intan Lampung itu, beberapa penyebab Indonesia menempati posisi ini karena lemahnya higher education and training, science and technology readiness, dan innovation and business sophistication, hal ini yang perlu diperbaiki supaya daya saing tidak rendah.


Prof. Dr. H. Moh. Mukri, M. Ag juga memaparkan solusi PTKIN dalam menghadapi Era Industri 4.0. Menurutnya pengajaran di perguruan tinggi dituntut untuk berubah termasuk dalam menghasilkan dosen berkualitas bagi generasi masa depan, Sivitas akademika harus selalu menjelajah tekhnologi, tenaga pendidik di era revolusi harus meningkatkan pemahaman dalam mengekspresikan diri di bidang literasi media, memahami informasi yang akan dibagikan kepada para peserta didik serta menemukan analisis untuk menyelesaikan permasalahan akademisi literasi digital.

“Perguruan tinggi pun dituntut untuk berubah termasuk dalam menghasilkan dosen berkualitas bagi generasi masa depan dan sivitas akademika harus selalu menjelajah jejak tekhnologi serta harus memahami informasi yang akan dibagikan kepada peserta didiknya,” ujar Prof. Dr. Moh. Mukri, M. Ag#idris

News Feed