by

Hadapi Asesor BAN-PT, MPI PPs IAIN Samarinda Bekerja Totalitas

SAMARINDA, IAIN NEWS, -Sebagai bentuk peningkatan kualitas pendidikan khususnya pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda, Jum’at (05/05/2019) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengirim dua asesor untuk melakukan asesmen lapangan.

Dua asesor tersebut yakni Dr. Muhammad Samsul Hady, M. Ag dari Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang) dan Dr. Lantip Diat Prasojo, M. Pd dari Universitas dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Prosesi asesmen oleh BAN-PT ditandai dengan pembukaan yang dilakukan langsung oleh Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd.


Dalam sambutannya, rektor berharap Prodi MPI Program Pascasarjana IAIN Samarinda dapat meraih yang terbaik dalam proses asesmen yang dilakukan BAN-PT.

Tidak lupa Rektor juga menyambut kehadiran asesor dengan memberikan untaian pantun.

Burung Belibis burung Merpati, Burung Punai di atas pohon meranti, Kehadiran bapak assesor kami sambut dengan senang hati, kalau ada yang kurang berkenan mohon jangan disimpan di dalam hati.

“Menuntut ilmu ke Tambak Beras. Para ustadz mengajar ikhlas. Tim Prodi MPI sudah kerja keras. Semoga hasilnya bisa puas,”harap Rektor.


Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku tim sukses akreditasi MPI PPs IAIN Samarinda menyatakan Fokus utama yang akan disoroti pada asesmen kali ini yaitu 7 standar, standar visi misi, standar tata pamong, standar mahasiswa dan lulusan, standar sumber daya manusia, standar kurikukum , standar pembiayaan, sara prasarana dan standard penelitian, pengabdian denqan kerjasama.
“Persiapan panjang telah dilakukan jauh hari oleh para tim borang program studi MPI untuk memberikan data optimal kepada para assessor,”tutur Kaprodi MPI yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan FTIK ini.

Dari penuturannya diperoleh informasi bahwa saat ini program studi MPI PPs IAIN Samarinda telah melahirkan 2 angkatan alumni sejak dibukanya tahun 2015 lalu dan 98 persen lulusan sudah terserap diberbagai sector.


“Alhamdulillah 98 persen para alumni MPI PPs IAIN Saamrinda sudah berkontribusi nyata di tengah masyarakat. Mulai kepala sekolah, kepala madrasah, pengawas, Kabid, dosen dan sebagian besar guru. Keterserapan ini sangat sesuai dengan kompetensi profil yang diharapkan,”ujarnya.

Asesmen borang Prodi MPI sendiri dipertanggungjawabkan Ketua Prodi Etty Nurbayani M Pd, dimulai pukul 9.35 dan selesai pukul 11.40 Wita dan divisit langsung oleh Dr. Lantip Diat Prasojo, M. Pd, sementara borang pengelola dipertangungjawabkan oleh Dr. M. Nasir M Ag dan divisit langsung oleh asesor Dr. Samsul Hady.

“Setelah Jumatan dilanjut kroscek dokumen dan para asesor bersidang, pukul 15.30 diselenggarakan penutupan sekaligus penyerahan hasil visitasi. Berkah jumat ramadhan merupakan berkah yang luar biasa. Semua dimudahkan dan dilancarkan dan akhirnya berharap hasil visitasi ini sangat memuaskan,” harapnya.

Diketahui hadir pada prosesi asesmen lapangan ini antaranya Kabiro, para wakil rektor, para Dekan, para ketua Profile di lingkungan PPs, down settings para mahasiswa dan alumni MPI.#hms

News Feed