by

Pukaha Fasya Sambangi LPPOM MUI Kaltim

SAMARINDA, IAIN NEWS,-Pusat Kajian Halal (Pukaha Fasya) merupakan salah satu lembaga semi otonom Fakultas Syariah IAIN SAMARINDA yang telah berdiri sejak 2017.

lembaga ini memiliki visi Terdepan dalam Pengembangan Peradaban Keislaman dalam Bidang Kajian Halal. lembaga ini didirikan sebagai wadah pengembangan wawasan kajian halal serta menampung para mahasiswa Fakultas Syariah khususnya untuk mendalami Sistem Jaminan Produk Halal JPH yang ada di Indonesia.

Pukaha Fasya kini memiliki 38 relawan yang terdiri dari mahasiswa yang minat di bidang kajian produk halal, mereka juga merupakan pengurus harian yang memiliki program kerja tahunan dalam pengembangan kajian halal di lingkungan IAIN SAMARINDA dan Kalimantan Timur.


Salah satu program kerja yang baru saja dilaksanakan adalah “Audiensi Jaminan Produk Halal” ke lembaga-lembaga yang mengurus JPH di Kalimantan Timur, salah satunya adalah Lembaga Pengawas Pangan Obat obatan dan kosmetika Majelis Ulama Indonesia LPPOM MUI provinsi Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan ini pihak LPPOM MUI Yang diwakili langsung oleh Ketua LPPOM MUI Bapak H. drh. Sumarsongko menyambut hangat kedatangan rombongan Pukaha Fasya.

Beliau sangat antusias dan mendukung program yang dijalankan oleh mahasiswa Fakultas syariah IAIN SAMARINDA. “Mengingat penting nya status makanan yang kita makan. Halal merupakan suatu kebutuhan bagi umat Islam. Dan sertifikasi halal juga merupakan suatu langkah untuk jaminan produk halal kepada konsumen muslim agar lebih nyaman dalam mengkonsumsi produk-produk yang beredar.”jelasnya.

H. drh. Sumarsongko juga menjelaskan Alur proses sertifikasi halal yang dilakukan di LPPOM MUI, dan masa berlaku sertifikasi halal adalah 2 tahun, maka setelah itu pihak perusahaan/industri mesti melakukan pembaharuan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh MUI.

Mahasiswa yang hadir audiensi ini sangat antusias, dan semangat mendengarkan pemaparan bapak Sumarsongko. Banyak ilmu yang didapat, serta menambah wawasan dalam kajian Jaminan produk halal.

“Saya sangat mengapresiasi semangat dan minat mahasiswa dalam bidang kajian halal ini. yang mana diharapkan melalui PUKAHA FASYA kesadaran masyarakat/konsumen muslim terhadap produk halal semakin meningkat. InsyaAllah akan ada kegiatan sosialisasi seperti Gerakan sadar Halal (GSH) yang kita rancang untuk mengenalkan produk halal ke masyarakat yang ada di lingkungan kampus dan Samarinda tentunya. “tutur Maisyarah Rahmi Hs. Lc. M. A selaku direktur PUKAHA FASYA.

Kegiatan ini juga sangat didukung oleh segenap pimpinan Fakultas Syariah dan juga Dosen.#FASYA

News Feed