by

Dr. Sofia Hartati, M.Si : Penting PAUD Dibangun Secara Proporsional

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tidaklah sederhana. Ia harus dibangun secara proporsional dengan memperhatikan kompetensi guru dan kompetensi pengelola. Keduanya memerlukan pengetahuan yang sangat mendalam.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Guru –Pendidikan Anak Usia Dini (APG-PAUD) Indonesia Dr. Sofia Hartati, M.Si dihadapan sivitas akademika IAIN Samarinda saat melakukan asesmen lapangan visitasi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) Program Pascasarjana IAIN Samarinda di Jalan Abul Hasan No. 3 Samarinda, Jumat pagi (14/06/2019).


Ia menyatakan Pendidikan Anak Usia Dini yang diselenggarakan di Indonesia masih punya banyak sekali tantangan. Untuk itu butuh dukungan berbagai pihak agar penyelenggaraannya dapat dikelola dan dibangun secara proporsional dan professional.

“Kontroversi hingga saat ini masih berlanjut. Tentang penting dan tidaknya penyelenggaraan pendidikan anak usia dini ini. Ada sebagian orang beranggapan miring karena subjek dari pendidikan anak usia dini ini adalah anak-anak kecil,” tuturnya.


Dari penuturannya didapat informasi bahwa sampai saat ini ternyata masih ada pemahaman di masyarakat bahwa anak kecil disekolahkan atau tidak tetap sama. Mereka bisa berbicara dan bermain sendiri.

“Akan tetapi yang perlu diketahui bersama adalah jauh dibelakang proses pendidikan itu apa yang kita hasilkan merupakan pondasi bagi keberlanjutan pemerolehan pengetahuan serta sikap mental untuk dikemudian hari sampai ia menjadi seorang yang siap berkontribusi di lingkungan masyarakat,” jelas Dr. Sofia Hartati, M.Si didampingi Dr. Hj. Ernawulan Syaodih, M.Pd. dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Hingga kini menurut pakar pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta ini, di Indonesia terdapat 160 Perguruan Tinggi yang sudah menyelenggarakan dan memiliki Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Sebagai wadah pencetak guru Pendidikan Ana Usia Dini maka diharapkan pengelolaan Prodi dapat ditata dengan manajemen yang tepat sehingga guru PAUD menjadi berkualitas.

Sementara itu Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd didampingi para wakil rektor, Kabiro AUAK, Direktur Program Pascasarjana serta para pimpinan di tingkat fakultas mengharap setelah dilakukan visitasi ini ada pengetahuan serta perbaikan manajemen tata kelola ke tingkat yang lebih baik sesuai dengan arahan para ahli.


“Penting sekali nilai serta peringkat akreditasi namun jauh lebih penting ke depan adalah berbagai masukan ilmu yang didapat dapat diimplementasikan dalam tata kelola Prodi PIAUD,” ungkap Rektor.#tamam

News Feed