by

Hj. Titi Kadi, M.Pd : Etika Kepribadian Pemikat Kinerja Organisasi

MALANG, IAIN NEWS,-Dharma Wanita Persatuan (DWP) se Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mengadakan Focused Group Discussion (FGD) dengan tema Membangun Kinerja Organisasi Melalui Pengembangan Etika dan Kepribadian.

FGD ibu DWP PTKIN ini menghadirkan narasumber dari DWP IAIN Samarinda Hj. Titi Kadi, M.Pd.


Narasumber dalam penjelasannya menyebutkan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat terdapat suatu sistem yang mengatur tentang tata cara manusia bergaul. Tata cara pergaulan untuk saling menghormati biasa kita kenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, etika protokoler, dan lain-lain.

Tata cara pergaulan bertujuan untuk menjaga kepentingan komunikator dengan komunikan agar merasa senang, tentram, terlindungi tanpa ada pihak yang dirugikan kepentingannya dan perbuatan yang dilakukan sesuai dengan adat kebiasaan yang berlaku serta tidak bertentangan dengan hak asasi manusia secara umum.

“Tata cara pergaulan, aturan perilaku, adat kebiasaan manusia dalam bermasyarakat dan menentukan nilai baik dan nilai tidak baik, dinamakan etika,” sebut Ketua DWP IAIN Samarinda ini.

Selanjutnya Hj. Titi Kadi menjelaskan hubungan antar manusia didalam masyarakat dibina atas dasar hal-hal kecil yang mengakrabkan persahabatan yang terbit dari kata hati yang tulus ikhlas. Etika menyimpan segudang pemikat untuk menyatakan perhatian kepada orang lain sekaligus untuk dapat membuka pintu komunikasi. Baik komunikasi pribadi, sosial maupun komunikasi dalam berorganisasi.

“Jadilah seseorang yang apabila ada kesempatan untuk membuka pintu komunikasi, maka lakukanlah. Sebab hal tersebut mudah untuk dilakukan selama seseorang memilki kemauan dan keikhlasan,”pungkasnya.#tamam

News Feed