by

Gelar Pengembangan Pembelajaran Berbasis Riset, IAIN Samarinda Hadirkan Dr. Umiarso, M. Pd.I Dari UMM

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda mengadakan Kuliah Umum di Aula Rektorat Lantai 3 Kampus 2 IAIN Samarinda Jalan HAM Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda, Selasa 06/08/19.

Kuliah Umum dengan tema Pembelajaran Berbasis Riset dan Pengabdian Masyarakat serta Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab di indonesia ini mendatangkan Narasumber Dr. Umiarso, M. Pd dan Ahmad Fatani, Lc, M.Ag. keduanya merupakan Dosen dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Hadir Dr. M. Nasir, M. Ag selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga dalam sambutannya mengatakan  Kuliah Umum ini merupakan bentuk respon positif terhadap MoU yang dijalin antaran IAIN Samarinda dengan Universitas Muhammadiyah Malang, Dr. M. Nasir, M. Ag juga berharap agar kedepannya selalu terjalin kerjasama terutama dalam bidang riset.

“Ya kuliah umum kita pada hari ini merupakan bentuk tindak lanjut terhadap kerjasama yang pernah dijalin antara IAIN Samarinda dengan Universistas Muhammadya Malang, Mudah-mudahan kedepannya antara IAIN Samarinda dengan Universitas Muhammadiyah Malang kedepannya mampu menjalin kerjasama terutama pada bidang riset atau penelitian” tutup Wakil Rektor 1 Biadang Akademik dan Pengembangan Lembaga.


Sementara itu Dr. Umiarso, M. Pd dalam materinya menyampaikan bahwa Budaya riset yang ditunjukkan melalui sikap, perilaku dan etika masyarakat akademik dalam pelaksanaan riset, Memiliki organisasi dan manajemen riset yang efektif, ditunjang oleh anggaran dan peneliti dalam jumlah serta kualitas yang memadai, Tersedianya sarana prasarana riset yang lengkap, mutakhir dan dalam jumlah yang memadai.

“Budaya riset yang ditunjukkan melalui sikap, perilaku dan etika masayarakat akademik dalam pelaksanaan riset, Memiliki organisasi dan manajemen riset yang efektif dan ditunjang oleh anggaran dan peneliti dalam jumlah dan kualitas yang memadai” tuturnya.


Selain itu, Dr. Umiarso, M. Pd menyampaikan beberapa  tujuan pembelajaran dengan menggunakan basis riset diantaranya adalah Meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang perkembangan suatu ilmu melalui penelitian yang berkelanjutan, Meningkatkan pemahaman tentang peran penelitian dalam inovasi sehingga mendorong mahasiswa untuk selalu berpikir kreatif di masa mendatang sehingga Meningkatkan kualitas pembelajaran secara umum.

“Tujuan pembelajaran menggunakan basis riset adalah Meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang perkembangan suatu ilmu melalui penelitian yang berkelanjutan, Meningkatkan pemahaman tentang peran penelitian dalam inovasi sehingga mendorong mahasiswa untuk selalu berpikir kreatif di masa datang dan Meningkatkan kualitas pembelajaran secara umum” tutup Dosen Universitas Muhammadiyah Malang itu saat menyampaikan materi.


Sementara itu, Ahmad Fatani, Lc, M.Ag. juga dalam materinya mengatakan petingnya pembalajaran bahasa Arab masa kini khususnya kalangan Mahasiswa di perguruan tinggi Keislaman, sebab bahasa Arab merupakan bahasa Asing seperti bahasa Asing yang lainnya, sehingga tujuan utama dalam pembalajarannya adalah untuk dijadikan alat komunikasi, selain itu, menurut Ahmad Fatani, Lc, M.Ag bahasa Arab sudah menjadi salah satu persyaratan saat melamar pekerjaan.

“petingnya pembalajaran bahasa Arab masa kini khususnya kalangan Mahasiswa perguruan tinggi Keislaman, sebab bahasa Arab merupakan bahasa Asing seperti bahasa Asing yang lainnya sehingga tujuan utama dalam pembalajarannya adalah untuk dijadikan alat komunikasi”tutup Ahamd Fatani, lc. M. Ag. #Idris #humasiainsmd

News Feed