Mahasiswa FASYA Belajar Metode Menentukan Arah Kiblat

SAMARINDA, IAIN NEWS,-Mengingat pentingnya arah Kiblat bagi kaum muslimin, Lembaga Kajian Ilmu Falak atau Astronomi Fakultas Syariah (FASYA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda kembali mengadakan pelatihan penentuan arah Kiblat kepada mahasiswa dan mahasiswinya.

Pelatihan penentuan arah Kiblat dilakukan Sabtu pagi (10/6/2017) diikuti puluhan mahasiswa Fasya di Masjid Aji Sultan Sulaiman Jalan HAM. Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda. Sebagaimana diketahui, menjaga ketepatan arah kiblat saat beribadah salat bukan perkara mudah apalagi ketika sedang melakukan perjalanan safar.

“Kegiatan pelatihan arah kiblat ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan praktik langsung di lapangan dalam mengukur dan menentukan arah kiblat yang benar,” tutur Dr. Hj. Darmawati, M. Hum Dekan Fakultas Syariah (Fasya).

Menurut Dekan, bagi kaum muslimin, dapat menentukan arah kiblat yang benar dan tepat sangat penting karena berhubungan dengan sahnya ibadah. “Dengan menentukan arah kiblat yang akurat, kita juga bisa lebih tenang saat beribadah. Ini juga sesuai dengan syariat dan ketentuannya,” ungkapnya.

Masih menurut Dekan Fasya kelahiran Banjarmasin ini, menentukan arah kiblat tidak boleh sembarangan. Ada cara dan ketentuan yang harus diperhatikan. Tidak semua orang mempunyai keterampilan memahami arah mata angina dan menentukan kiblat dengan metode jam matahari. Untuk itu dirinya berharap agar kegiatan pelatihan menentukan arah kiblat yang baik dan benar perlu disosialisasikan pada masyarakat dan para mahasiswa.

Selain mahasiswa, pelatihan menentukan arah kiblat dengan menggunakan alat kompas magnetik, bayang-bayang kiblat dan dengan tongkat istiwa ini juga diikuti oleh unsur pimpinan Fasya, yakni Dr. H. Ahmad Haries, M.S.I, Sekjur Ilmu Syariah H. Ashar, M.HI dan Kaprodi Hukum Keluarga, Dewi Maryah, MH.

Fasya menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya dan penuh pengalaman dengan berbagai metode menentukan arah kiblat yakni Drs. H. Aderi. MH dan Sulthan Fathoni, MA.#Tamam

Be Sociable, Share!