PMU Sosialisasikan Program Beasiswa 5000 Doktor di IAIN Samarinda

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Project Management Unit (PMU) Program 5000 Doktor melakukan sosialisasi sekaligus monitoring dan evaluasi program beasiswa 5000 doktor di IAIN Samarinda, Jum’at (6/10/2017) di Auditorium Rektorat Lt. 3 Kampus 2 IAIN Jl. HAM Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda.
Acara sosialisasi sekaligus monitoring dan evaluasi ini baru pertama digelar di lingkungan kampus IAIN Samarinda setelah ada sekitar 7 dosen IAIN Samarinda berhasil menjadi pesertanya.
Dalam penjelasannya tim Project Manajemen Unit program 5000 Doktor menggambarkan rasio jumlah tenaga pendidik PTKI yang ternyata masih didominasi oleh lulusan master sebesar 83 persen. Pun juga pentingnya peningkatan keberlanjutan terhadap kualitas perguruan tinggi menuju rekognisi global dan persaingan pasar bebas ASEAN.
“Ternyata setelah dilakukan analisis mendalam terkait keberadaan tenaga pendidik di lingkungan PTKI, Kementerian Agama RI menemukan ternyata masih banyak para dosen yang masih bergelar master. Bahkan ada sekitar 5 persen yang masih lulusan strata satu,” tutur Salamah Agung, Ph.D yang juga merupakan dosen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.
Salamah Agung, Ph.D tidak sendiri dalam melakukan sosialisasi kepada civitas akademika IAIN Samarinda. Ia didampingi Muhammad Yogi Fathullah, SS Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam saat menyampaikan hal terkait beasiswa program 5000 Doktor.
Dari penjelasan ke duanya Program Beasiswa 5000 Doktor yang dikenal juga dengan sebutan Mora Scholarship ini menjadi salah program unggulan Ditjen Pendidikan Islam.
Salamah menambahkan, ada beberapa program beasiswa doktor yang disediakan Kemenag baik yang dalam maupun luar negeri. Baik berupa bantuan studi penuh (Full Scholarship) ataupun bantuan penyelesaian studi.#Tamam

Be Sociable, Share!