Ciptakan Calon Pakar Hukum Berintegritas, FASYA Gelar Law Fair Debate 2017

SAMARINDA IAIN NEWS,- Fakultas Syariah (FASYA) IAIN Samarinda senantiasa membawa nuansa baru bagi IAIN Samarinda. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Debat 2017 Fakultas Syariah yang mengusung tema “Mengenal Hukum Sebagai Entitas Civitas Akademika Hukum” yang diselenggarakan di Auditorium Fakultas Syariah, Jl. HAM. Rifaddin, Loa Janan Ilir Kota Samarinda (6-7/11/2017).

Kegiatan Debat 2017 Fakultas Syariah ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. Hj. Darmawati, M.Hum, dan dihadiri oleh segenap Wakil Dekan Fasya serta seluruh mahasiswa Fakultas Syariah dari berbagai prodi yakni Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Keluarga (HK), dan Hukum Tata Negara (HTN).

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan mahasiswa Fasya yang cerdas dan kritis dalam merespon berbagai fenomena yang berkembang di masyarakat terkait problematika hukum positif Indonesia umumnya dan hukum dalam perspektif Islam khususnya. Dengan adanya kegiatan Debat 2017 Fasya ini dapat menemukan pakar-pakar hukum yang memiliki jiwa spiritualitas, intelektualitas dan profesionalitas ketika kelak berada di masyarakat luas.

Kegiatan ini diikuti oleh 12 group, dan masing-masing group terdiri dari 3 orang. Ada tiga sistem dalam kegiatan debat ini yakni dimulai dengan babak penyisihan, semi final, dan final. Babak penyisihan diikuti oleh 12 group, dan akan disaring dan diambil 6 group untuk mengikuti babak semi final, setelah itu disaring lagi hingga 3 group untuk mengikuti babak final. Dari 3 group yang masuk babak final ini, yang tampil sebagai juara 1 akan dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan Debat Hukum Nasional yang akan diselenggarakan oleh DPR RI yang sebentar lagi akan digelar.

Dr. Darmawati, M.Hum mengungkapkan, “Kegiatan debat 2017 Fasya ini merupakan wujud kontribusi Fasya dalam merespon dinamika hukum di Indonesia. Dan juga untuk mengenalkan dan melatih nalar kritis mahasiswa Fasya akan permasalahan hukum serta menciptakan mahasiswa Fasya sebagai pakar hukum yang berintegritas dan profesional yang nantinya dapat memberikan sumbangsih nyata pada hukum di Indonesia”, ungkapnya.#Arbain

Be Sociable, Share!