Cegah Kanker, Dharma Wanita Persatuan IAIN Samarinda Tes IVA

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Kuliah umum dengan tema deteksi dini kanker serviks dan payudara dirangkai dengan tes IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) IAIN Samarinda di Kampus 1 IAIN Samarinda Jalan Abul Hasan No 3 Samarinda, Sabtu pagi (11/11/2017) berlangsung sukses dan lancar.
Kuliah umum yang mengusung tema deteksi dini kanker serviks dan payudara ini merupakan refleksi dari keprihatinan DWP IAIN Samarinda terhadap makin maraknya wanita yang terjangkit kanker.

Hj. Titi Kadi, M.Pd.I dalam sambutannya selaku Ketua DWP IAIN Samarinda menegaskan bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Menurutnya banyak ditemui di lingkungan masyarakat orang yang abai terhadap kesehatannya. Padahal kesehatan itu sangat penting guna menunjang kinerja dan stabilitas kerja sehari-hari.

“Bagaimanapun kondisinya, kesehatan ini harus kita perhatikan dan jaga bersama-sama. Apalagi sebagai wanita kita rawan sekali terjangkit namanya kanker serviks. Mengutip data dari WHO bahwa tiap dua menit di dunia satu wanita meninggal karena kanker serviks dan tiap satu jam di Indonesia ada 1 orang wanita yang meninggal. Ini harus menjadi perhatian kita bersama,”ungkapnya.

Bagi Hj. Titi Kadi, M.Pd.I Kanker Serviks dan Kanker Payudara merupakan penyakit yang sangat mengerikan dan keberadaannya harus dideteksi sejak dini.

“Dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan sebagai upaya diteksi dini kanker serviks dan payudara, Dharma Wanita Persatuan menyiapkan dua Dokter yakni dr. Hj. Siti Nuriatus Zahrah, MKM yang merupakan praktisi dan pemerhati kesehatan perempuan dan dr. Hj. Irama F. Madjid, MH Kepala Puskesmas Air Putih Samarinda,” ujar Hj. Titi Kadi, M.Pd.I.

dr. Hj. Siti Nuriatus Zahrah, MKM didampingi dr. Hj. Irama F. Madjid, MH keduanya sepakat bahwa penyakit kanker baik serviks maupun payudara bisa berasal dari pola hidup yang tidak sehat.

“Memang benar munculnya kanker ini bisa berasal dari berbagai hal seperti hasil berhubungan seksual terlalu dini, Berganti-ganti pasangan seksual, merokok, sistem kekebalan tubuh yang lemah tapi kalau kita kelompokan lagi ternyata memang ada aspek pola hidup yang tidak sehat di sana,” tutur keduanya.

Diharapkan setelah acara ini digelar seluruh keluarga besar IAIN Samarinda dapat memperoleh kesadaran untuk dapat menjaga kesehatan organ intimnya. Selain itu diharapkan setelah acara kuliah umum atas inisiasi DWP IAIN Samarinda ini digelar seluruh wanita di IAIN Samarinda dapat terhidar dari penyakit mematikan khususnya yang dapat menyerang kaum perempuan.#Tamam

Be Sociable, Share!