Pembinaan Pegawai IAIN Samarinda 2018

SAMARINDA IAIN NEWS,- Setelah berlangsungnya acara pertama yakni Kuliah Tamu mengenai Peran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam Mensukseskan Pilkada Serentak di Kalimantan Timur yang disampaikan oleh dua nara sumbe yang tentunya kualified dalam keilmuannya yakni Prof. Sarosa Kamongpranoto, SH, yang merupakan akademisi Universitas Mulawarman bersama dengan Muhammad Taufik, M.Si selaku Ketua KPU Kaltim, kemudian dilanjutkan dengan acara internal kampus mengenai Pembinaan Pegawai di lingkungan IAIN Samarinda yang juga digelar di auditorium rektorat Lt. III, Jl. HAM. Rifaddin, Loa Janan Ilir, Kota Samarinda pada hari Juma’at (5/1/2018).

Acara pembinaan pegawai ini dihadiri oleh Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd, Kabiro AUAK, Dr. H. M. Kusasi, M.Pd, Wakil Rektor I, Dr. Zurqoni, M.Ag, Wakil Rektor II, Dr. H.M. Abzar D, M.Ag dan Wakil Rektor III, Dr. Hj. Noor Thaibah, M.Ag, Direktur Pascasarjana, Dr. Muhammad Nasir, M.Ag, serta seluruh Kabag, Dekan, dosen serta pejabat dan pegawai lainnya yang berada di lingkungan IAIN Samarinda.

Pembinaan pegawai ini tentunya bertujuan untuk dapat menaati kewajiban yang berlaku sesuai dengan PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Pembinaan pegawai ini juga dapat meningkatkan pelayanan yang bersih melayani serta berdasarkan 5 Nilai Budaya Kerja IAIN Samarinda. Tidak hanya itu, dalam pembinaan pegawai ini juga dilakukan penyerahan DIPA 2018 kepada masing-masing pejabat di lingkungan IAIN Samarinda untuk dapat segera menjalankan perencanaan dan program kerja di tahun 2018 ini.

Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd, “Dengan diserahkan DIPA ini maka masing-masing unit baik rektorat maupun fakultas bisa menjalankan kegiatannya di masing-masing unit sesuai dengan perencanaan program yang telah dibuat. Intinya, kita selalu berupaya dan berdoa agar dalam menjalankan berbagai program kegiatan di tahun 2018 ini bisa terlaksana dengan baik, aman, lancar dan sesuai harapan kita bersama”, ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Kabiro AUAK, Dr. H.M.Kusasi, M.Pd, mengatakan, “Pembinaan pegawai ini penting sifatnya, karena dengan adanya pembinaan pegawai di lingkungan IAIN Samarinda, harapannya kita dapat terus meningkatkan pelayanan yang bersih melayani dengan bekerja secara ikhlas, cepat dan tepat, murah dan senyum. Tidak hanya itu, kita juga harus menjaga 5 nilai budaya kerja yakni integritas, profesionalitas, inovasi, bertanggung jawab dan memiliki keteladanan”, ungkapnya.

Beliau juga menambahkan bahwa kedepannya sesuai dengan harapan Menteri Agama, semua layanan baik di pusat maupun di daerah sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi dalam Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai implementasi E-Government. Ada 7 program aplikasi kepegawaian yaitu Sistem Informasi Elektronik Kinerja, Sistem Aplikasi Izin dan Tugas Belajar, Sistem Prefensi ASN, Sistem Aplikasi Database Assesment, Sistem Aplikasi Kenaikan Pangkat, Sistem Aplikasi Gaji Berkala, dan E-Planing.

Tujuan sistem aplikasi ini sebagai alat untuk melihat kinerja pegawai sehingga mampu memonitoring kerja pegawai dan mengukur prestasi kerja pegawai di IAIN Samarinda. Semua ini menunjukkan kita mampu bertransformasi melalui sistem yang baik dengan melakukan perubahan mental, budaya kerja yang baik serta memiliki prinsip bersih melayani harus senantiasa dijunjung tinggi.#Arbain.

Be Sociable, Share!