Sukseskan Pilkada Kaltim 2018, IAIN Samarinda Gelar Kuliah Tamu

SAMARINDA, IAIN NEWS- Untuk mensukseskan Pilkada Kaltim serempak 2018 nanti, IAIN Samarinda mengadakan Kuliah Tamu dengan Tema “Peran Perguruan Tinggi dalam Mensukseskan Pilkada Serempak di Kaltim”. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Rektorat Lantai 3, Kampus 2 IAIN Samarinda, Jalan HAM Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda (05/01/2017).

Dalam Kuliah Tamu kali ini, dihadiri oleh dua orang narasumber yang kredibel dan ahli di bidangnya, yaitu Bapak M. Taufiq M.Si selaku Ketua KPU Kaltim dan Bapak Prof. Sarosa Hamongpranoto, S.H sebagai Akedemisi dari UNMUL, yang juga sebagai Pengamat Hukum dan Politik di Kaltim, serta dihadiri oleh mahasiswa IAIN Samarinda, dosen, staff, dan segenap unsur pimpinan di lingkungan IAIN Samarinda.

Adanya pelaksanaan Kuliah Tamu ini bertujuan agar IAIN Samarinda sebagai Perguruan Tinggi Islam Negeri bukan hanya dapat terlibat aktif di bidang Keilmuan saja, akan tetapi diharapkan juga dapat berkontribusi guna memberikan pencerahan terhadap pelaksanaan Pilkada Kaltim 2018 dan isu-isu yang berseliweran di tengah-tengah masyarakat terkait tentang kondisi perpolitikan di Kalimantan Timur yang masih simpang siur, sehingga dapat mensukseskan Pilkada Kaltim 2018.

Dr. H. Mukhammad Ilyasin, M.Pd selaku Rektor IAIN Samarinda menyampaikan harapan digelarnya Kuliah Tamu ini di dalam sambutannya, “Dengan adanya Kuliah Tamu ini, IAIN Samarinda sebagai Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan satu-satunya di dua Provinsi (Kaltim dan Kaltara), lebih bisa berkontribusi dalam segala hal, utamanya yang terkait tentang sebentar lagi bahwa kampus IAIN Samarinda akan melepas mahasiswa-mahasiswanya dalam rangka KKN, juga akan dimulainya kembali Pesantren Kampus (PESKAM) yang melibatkan mahasiswa, dan sebagainya, yang perlu adanya penyatuan visi antar unsur pimpinan dengan berbagai tupoksi kerjanya masing-masing, dan dapat ditransformasikan secara riil kepada mahasiswa dan pelaksana-pelaksana teknisnya. Sehingga secara langsung ataupun tidak langsung, IAIN Samarinda juga dapat berkontribusi secara nyata dalam mensukseskan Pilkada Kaltim”, Ungkapnya.

Dalam paparannya, Bapak M. Taufiq M.Si selaku Ketua KPU Kaltim, menyatakan, “Peran Perguruan tinggi dalam Pilkada ialah harus dapat memberi pencerahan kepada masyarakat. Salah satunya dengan meyakinkan kepada seluruh mahasiswanya harus memiliki E-KTP, sebagai syarat agar dapat tercatat sebagai pemilih resmi dalam Pilkada Kaltim 2018. Dengan itu diharapkan, juga dapat menaikkan angka partisipasi kita dalam Pemilihan Umum. Karena, Samarinda saat ini berada di peringkat ke-3 terendah secara nasional angka partisipasinya dalam Pemilihan Umum”, Ungkapnya.

Senada dengan ungkapan di atas, Bapak Prof. Sarosa Hamongpranoto, S.H, mennyerukan “Bahwa siapapun nanti yang secara resmi dipasangkan Pemerintah melalui parpol pada Pilkada Kaltim kali ini, sebaiknya kita ikut berpartisipasi mensukseskan Pilkada Kaltim dengan cara memberikan suara kepada salah satu pasangan calon”.

Bapak Prof. Sarosa Hamongpranoto, S.H menutup paparannya, “Politik adalah pilihan. Kalau anda memilih, berarti anda sudah berpartisipasi di dalam program-program Negara”, paparnya.#Hanief

Be Sociable, Share!