Asesor BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan Pascasarjana Prodi PAI

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Pascasarjana IAIN Samarinda mendapatkan kunjungan tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Senin pagi (12/02/2018).

WhatsApp Image 2018-02-12 at 01.58.11Tim Asesor BAN-PT terdiri dari Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr. Mahmud Arif, M.Ag dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kedatangan asesor di Prodi PAI PPs IAIN Samarinda ini dalam rangka asesmen lapangan dan melakukan cek borang serta verifikasi apakah sudah sesuai dengan kenyataan.

“Kami sengaja diutus oleh BAN-PT untuk melakukan kroscek data sebagaimana disampaikan pengelola Borang Prodi PAI Program Pacasarjana IAIN Samarinda. Sebagaimana Rektor dan pengelola Pascasarjana IAIN Samarinda ini kamipun berharap data di borang sesuai dengan realitasnya,” tutur Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A.

WhatsApp Image 2018-02-12 at 01.58.12Lebih lanjut ia menuturkan bahwa akreditasi bagi sebuah lembaga sangat penting. Terutama dalam rangka menjamin standar minimal lulusan. Baik untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau memasuki pendidikan spesialis sehingga dapat menjalankan praktik profesinya.

“Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan pendidikan. Dengan demikian, akreditasi melindungi masyarakat dari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ungkapnya.

Sementara itu Direktur PPs IAIN Samarinda Dr. Muhammad Nasir, M.Ag mengungkapkan kesiapan timnya untuk berkoordinasi dengan tim asesor demi lancarnya asesmen lapangan.

“Insyaallah tim borang sudah bekerja maksimal demi lancarnya proses asesmen lapangan ini. Kami telah berusaha dan berharap hasilnya sebagaimana kita inginkan bersama,”tuturnya. #Tamam

Be Sociable, Share!