Prodi Ekonomi Syari’ah – S1

Profil Ekonomi Syariah

Visi : 

Menjadi Program Studi Profesional dan Kompetitif dalam Pengembangan Ekonomi Islam Pada Tahun 2025.

Misi : 

  1. Membangun good university governance dan manajemen professional dalam mengelola sumber daya perguruan tinggi sehingga menghasilkan pelayanan prima kepada civitas akademika.
  2. Membangun kepercayaan dan mengembangkan kerjasama internasional, regional dan nasional.
  3. Membangun dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran dan pelayanan.
  4. Mengembangkan riset-riset ekonomi, manajemen, akuntansi dan perbankan syariah.
  5. Mengembangkan SDM berkualitas dengan fokus pada kompetensi dosen dan staf.
  6. Mengembangkan program Magister bidang Manajemen Akuntansi, Ekonomi Syariah, dan Perbankan Syariah.
  7. Mengembangkan kurikulum berbasis kreatif dan inovatif.
  8. Menyelenggarakan pedidikan yang mencakup bidang ekonomi dan bisnis secara utuh, khususnya program studi ekonomi, manajemen, akuntansi, ekonomi syariah dan perbankan syariah.
  9. Menyelenggarakan riset-riset berkualitas dengan pendekatan disiplin ilmu ekonomi dan bisnis untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan.
  10. Merumuskan dan melaksanakan model-model pengabdian masyarakat berbasis ilmu dan riset yang mengintegrasikan Ekonomi dan Bisnis dengan Keislaman.

TUJUAN

Menghasilkan sarjana di bidang ekonomi dan bisnis Islam yang bertaqwa, berilmu, memiliki integritas sebagai sarjana pembelajar, profesional dan mampu mengenali, mengamati, membuat penalaran permasalahan, berdasarkan ilmu ekonomi dan bisnis dan menggabungkan teori-teori ilmu ekonomi, administrasi bisnis modern dan bisnis, dengan nilai-nilai keislaman, kerakyatan dan kemanusiaan. Lulusannya diharapkan memiliki bekal dasar ilmu pengetahuan untuk melanjutkan pendidikannya, serta memiliki pengetahuan umum dan profesi yang cukup untuk memperluas pandangannya, sehingga mampu berperan dalam upaya mewujudkan masyarakat yang madani, demokratis dan bermoral Islam.

 

SASARAN

Sasaran Umum:

  1. Menghasilkan sarjana ekonomi dan bisnis Islam yang jujur dan adil, berkarakter  kepemimpinan, berwawasan persatuan dan kesatuan bangsa, mampu menganalisis perkembangan ilmu ekonomi dan bisnis kini dan masa depan, baik secara teori maupun penerapannya.
  2. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang produktif, efektif dan efisien dengan memberikan layanan pendidikan yang baik dan mewujudkan kondisi dan budaya akademik yang intelek dan berwawasan teknologi.
  3. Melaksanakan pembinaan mahasiswa dan alumni secara terpadu dan berkesinambungan untuk menumbuhkan rasa bangga dan cinta almamater dalam kurun waktu satu tahun.
  4. Membina program studi untuk berorientasi pada penelitian minimal dua kali dalam satu tahun dan pengembangan ilmu untuk diabadikan kepada masyarakat bagi peningkatan kualitas dan taraf kehidupan dan kesejahteraan masyarakat per dosen minimal satu kali dalam satu tahun.
  5. Meningkatkan kerjasama dan kemitraan institusional antar lembaga perguruan tinggi, dunia usaha, lembaga, industri, baik di dalam negeri maupun luar negeri.
  6. Mengelola sumber daya dan sistem manajemen informatika yang berhubungan dengan ilmu ekonomi secara lebih berdaya guna dan berhasil guna melalui :
    1. Peningkatan kualitas pendidikan
    2. Peningkatan teknologi dan sistem informasi
    3. Peningkatan sumber daya manusia: mandiri, professional, kreatif dan bekerja dengan kondisi transparasi, kesejawatan melalui dialog dan partisipasi.
  7. Menghasilkan Kualitas Mutu pendidikan dengan pendirian lembaga jaminan mutu yang berbentuk Pusat Pengembangan Jaminan Mutu Fakultas dan Program Studi.

Sasaran Bidang Akademik :

  1. Melaksanakan penginputan laporan EPSBED/PDPT dengan benar dan konsisten setiap semester baik genap maupun ganjil;
  2. Terakreditasinya Program Studi oleh BAN-PT dengan nilai A;
  3. Menambah Program Studi baru;
  4. Membuka Magister Ekonomi Syariah;
  5. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing secara global serta  memiliki minimal TOEFL (450) dan TOAFL (375) sebagai prasyarat kelulusan mahasiswa;
  6. Wajib menghafal Al-Qur’an (juz 30) dalam priktik qiraat, mampu menjadi imam di shalat-shalat wajib dan sunnah;
  7. Memiliki kurikulum berbasis kompetensi;
  8. Memiliki tenaga dosen yang handal dan sesuai dalam bidangnya;
  9. Menghasilkan penelitian dosen internal yang terdiri dari penelitian individu, kelompok dan penelitian lepas.
  10. Tersedianya  buku-buku referensi pengajaran di bidang ekonomi dan bisnis Islam ;
  11. Melaksanakan Seminar/ Symposium Internasional;
  12. Menyediakan layanan internet akses unlimited buat civitas akademika;
  13. Penjaminan mutu yang komprehensif;
  14. Terlaksananya Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan baik pada seluruh unit di lingkungan fakultas pada tahun;
  15. Mencari peluang-peluang kerjasama dengan lembaga atau instansi terkait baik dari dalam maupun luar negeri ;

Sasaran Bidang Administrasi Umum:

  1. Tersedianya sarana ruang perkuliahan yang nyaman dan berbasis TIK ;
  2. Tersedianya ruang kerja bagi dosen tetap dan tidak tetap FEBI yang representative ;
  3. Tersedianya area khusus sebagai sarana berkomunikasi bahasa asing bagi civitas akademika;
  4. Terwujudnya sistem administrasi dan proses manajemen berstandar nasional;
  5. Terciptanya lingkungan fakultas yang sehat, bersih, nyaman dan aman;

Sasaran Bidang Kemahasiswaan

  1. Terselenggaranya program pengembangan intelektualitas, moralitas & integritas mahasiswa;
  2. Terselenggaranya program pendidikan kepemimpinan, minat dan bakat mahasiswa;
  3. Tersedianya sistem informasi alumni yang komprehensif;
  4. Terbangunnya sinergi dengan lembaga non struktural di dalam dan luar IAIN;
  5. Tercapainya hasil yang optimal terhadap tindak lanjut kerjasama yang sudah ada, serta menjalin kerjasama lainnya.

Strategi Pencapaian:

  1. Menerapkan kebijakan yang mendorong penjaminan mutu akademik, penelitian dan promosi serta pembinaan alumni;
  2. Konsolidasi organisasi dan menciptakan iklim serta budaya organisasi yang sehat dan prima;
  3. Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pegawai dan dosen melalui program rekruitmen, studi lanjut, dan pelatihan serta sertifikasi keahlian;
  4. Penerapan Sistem Informasi Manajemen secara terpadu (e-education);
  5. Memperbanyak jaringan terkait dengan program-program kerjasama baik dalam maupun luar negeri.

SEJARAH

Lahirnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) tidak lepas dari program konversi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Samarinda  menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 140 Tahun 2014 Tentang Perubahan STAIN Samarinda menjadi IAIN Samarinda, maka sejak itu STAIN Samarinda resmi berubah menjadi IAIN Samarinda.

Perubahan dari STAIN menjadi IAIN diiringi pula dengan penambahan dan pengembangan jurusan menjadi Fakultas. Pada awalnya ketika masih berstatus STAIN, STAIN Samarinda hanya memiliki 3 (tiga) Jurusan yaitu Jurusan Tarbiyah, Jurusan Syari’ah dan Ekonomi Islam dan Jurusan Dakwah. Setelah alih status menjadi IAIN, IAIN Samarinda memiliki 4 (empat) Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) yang merupakan kelanjutan dari Jurusan Tarbiyah sebelumnya, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) yang sebelumnya bernama Jurusan Dakwah, Fakultas Syari’ah yang sebelumnya adalah Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, dan ditambah satu fakultas baru yang merupakan pecahan dari Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam sebelumnya setelah alih status menjadi IAIN berdiri tersendiri menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Berdirianya Fakultas dan Ekonomi Bisnis Islam merupakan respon positif terhadap animo dan kebutuhan masyarakat Kalimantan Timur terhadap ilmu ekonomi dan bisnis Islam. Awalnya dirasakan cukup diakomodasi pada Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, ternyata pada perkembangannya setelah melihat peminat yang cukup banyak dan berdiskusi dengan stake holders serta pemerhati ekonomi Islam di Kalimantan Timur, dirasa perlu untuk mendirikan Fakultas tersendiri yang fokus dalam pengembangan keilmuan Ekonomi Islam.

Analisis terhadap animo dan pangsa pasar ternyata terbukti dalam masa penerimaan mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  yang langsung diminati oleh calon mahasiswa baru. Pada tahun pertama pembukaan FEBI langsung menjadi favorit pilihan calon mahasiswa dan menempati salah satu urutan teratas prodi yang paling  diminati di IAIN Samarinda.

Meskipun sebagai pendatang baru di lingkungan IAIN Samarinda, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mampu menyedot angka peminat yang besar di IAIN Samarinda yang dibuktikan langsung menempati urutan kedua pada tahun pertamanya setelah Fakultas Tarbiyah dan  Ilmu Keguruan (FTIK) yang merupakan fakultas yang sejarahnya merupakan jurusan pertama di IAIN Samarinda.

Dari sisi pelayanan, FEBI berusaha menjadikan mahasiswa sebagai stakeholder utama, yang harus dilayani secara prima. Perwujudan pelayanan prima itu berupa pelayanan satu pintu (one stop service).

Pada tahun pertama pembukaan fakultas yakni tahun 2015 FEBI baru memiliki 2 Program Studi yaitu Ekonomi Syariah yang izin penyelenggaraannya telah keluar satu tahun lebih awal, yaitu  berdasarkan Kepustusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1489 Tahun 2014, dan Perbankan Syariah yang pendiriannya berdasar pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Nomor 551 Tahun 2015

Untuk angkatan pertama, FEBI membuka tiga kelas untuk masing-masing prodi baru. Dua prodi baru ini diselenggarakan untuk menjawab kebutuhan dan tantangan perbankan syariah, keuangan syariah dan ekonomi syariah di Indonesia. Dan dalam waktu dekat  FEBI juga akan mendirikan prodi baru yaitu Program Studi Manajemen Keuangan Syariah yang saat ini masih digagas legalitas pendiriannya.

 

Prospek Kerja

  • Pegawai Negeri Sipil
  • Pengelola Lembaga Bisnis
  • Wirausahawan
  • Praktisi Lembaga Keuangan non Bank
  • Pengelola lembaga Ekonomi Nirlaba
  • Peneliti dan Konsultan Bisnis Islam

Gelar : Sarjana  ekonomi Islam (S.E.Sy)

 

Be Sociable, Share!