Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir – S1

Profil Ilmu al-Qur’an dan Tafsir

VISI

Menjadi program studi yang unggul dan terdepan dalam pengkajian dan pengembangan Keilmuan Al-Quran dan Tafsir melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian di Kalimantan pada tahun 2025”.

 

MISI

  1. Mengembangkan ilmu pengetahuan, seni dan budaya keislaman yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat,
  2. Membangun tradisi akademik yang kuat dan mengakar.
  3. Mencetak lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan, skill dan sikap bermasyarakat yang profesional.
  4. Mendidik mahasiswa berpikir dan bersikap kritis dan kreatif.
  5. Mendidik mahasiswa memiliki kemantapan akidah dan keagunan
  6. Mendidik mahasiswa untuk mampu mengaktualisasikan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan praktis bermasyarakat, berbangsa dan
  7. Berperan aktif dalam pembangunan masyarakat di kawasan Kalimantan Timur khususnya, melalui pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Tujuan dan Sasaran Strategi

Tujuan Pertama Sasaran
Meningkatkan kualitas dan efektivitas pelaksanaan visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian . 1.      Kejelasan dan kerealistisan visi, misi, tujuan, dan sasaran, serta strategi pencapaian sasaran Program Studi Ilmu al-Qur’an dan tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan dakwah IAIN Samarinda
2.      Pemahaman  visi, misi, tujuan, dan sasaran  Program Studi Ilmu al-Qur’an dan tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan dakwah IAIN Samarinda  oleh seluruh pemangku kepentingan internal (internal stakeholders): civitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

 

Tujuan Kedua Sasaran
Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, Penjaminan Mutu. 1.      Terlaksananya tata pamong yang menjamin terlaksananya lima pilar tata pamong yaitu kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil.
2.   Terbentuknya Struktur organisasi yang lengkap dan efisiensi, serta dukungan struktur organisasi terhadap pengelolaan Program studi serta unit yang terkait dengannya.
3.      Kepemimpinan Program Studi Ilmu al-Qur’an dan tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Samarinda yang memiliki karakteristik: kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, kepemimpinan publik.
4.      Sistem Pengelolaan fungsional dan operasional yang  mencakup: planning, organizing, staffing, leading, controlling, operasi internal dan eksternal.
5.      Berjalannya unit/gugus penjaminan mutu secara efisien dan efektif.

 

Tujuan Ketiga Sasaran
Peningkatan kapabilitas, kompetensi mahasiswa dan alumni yang mampu menangani masalah sosial kemasyarakatan 1.      Sistem rekrutmen dan seleksi mahasiswa baru dan efektivitas implementasinya.
2.      Peningkatan rata-rata masa studi lulusan dan IPK rata-rata, upaya pengembangan dan peningkatan mutu lulusan.

 

Tujuan Keempat Sasaran
Peningkatan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan Sumber Daya Manusia 1.      Kecukupan dan kualifikasi dosen tetap, jumlah penggantian, perekrutan serta pengembangan dosen tetap, serta upaya Program Studi dalam mengembangkan tenaga dosen tetap dan tidak tetap/kontrak
2.      Kecukupan dan kualifikasi tenaga kependidikan

 

Tujuan Kelima Sasaran
Peningkatan kualitas kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik 1.      Peningkatan peran  dalam penyusunan, implementasi, dan pengembangan kurikulum untuk Program studi yang dikelola lebih berkualitas.
2.      Peningkatan peran  dalam memonitor dan mengevaluasi proses pembelajaran
3.      Peningkatan peran Program Studi dalam penciptaan suasana akademik yang kondusif.

 

Tujuan Keenam Sasaran
Meningkatkan efisiensi, efektivitas, produktivitas pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi 1.      Sumber dana dan kecukupan dana, upaya institusi dalam menyikapi kondisi pendanaan saat ini dan upaya-upaya penanggulangannya jika terdapat kekurangan.
2.      Pengembangan Sarana, Nilai investasi yang telah dilakukan serta  rencana investasi dalam lima tahun ke depan.
3.      Pengembangan Prasarana,  mutu dan kecukupan akses serta rencana pengembangannya
4.      Pengembangan Sistem informasi,  jenis sistem informasi yang digunakan dalam proses pembelajaran dan administrasi (akademik, keuangan, kepegawaian), aksesibilitas data dalam sistem informasi, media/cara penyebaran informasi/kebijakan untuk sivitas akademika, serta rencana strategis pengembangan sistem informasi jangka panjang.

 

Tujuan Ketujuh Sasaran
Meningkatkan akses dan kemanfaatan penelitian, pelayanan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama 1.      Peningkatan kegiatan penelitian yang mencakup banyaknya kegiatan, total dana penelitian, dan upaya pengembangan kegiatan penelitian
2.      Peningkatan kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang mencakup banyaknya kegiatan, total dana PKM, dan upaya pengembangan kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat
3.Meningkatkan kegiatan jumlah dan mutu kerjasama yang efektif yang mendukung pelaksanaan visi dan misi  Fakultas Ushuluddin adab dan Dakwah IAIN Samarinda dan dampak kerjasama untuk penyelenggaraan dan pengembangan Jurusan/Program studi

 

Prospek Kerja

  • Pegawai Negeri Sipil
  • Ahli Tafsir Al_Qur’an
  • Peneliti dan pengkaji bidang Keilmuan Tafsir Al-Qur’an
  • Praktisi Sosial Keagamaan baik Personal Maupun kelembagaan

Gelar : Sarjana Ushuluddin (S.Ud)

 

 

Be Sociable, Share!