Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam – S1

PROFIL PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM (KPI)
FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH (FUAD)
IAIN SAMARINDA

1. Pendahuluan

Dengan semangat otonomi daerah, Kalimantan Timur senantisa berbenah diri dalam menata kehidupan masyarakatnya, melalui pelaksanakan pembangunan yang bersifat menyeluruh, baik yang bersifat material maupun immaterial, jasmani maupun rohani dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah membawa implikasi terhadap dunia penyiaran, termasuk penyiaran di Indonesia. Penyiaran sebagai penyalur informasi dan pembentuk pendapat umum, perannya semakin strategis, terutama dalam mengembangkan kehidupan demokratis.

Semakin menjamurnya stasiun Radio dan TV lokal belakangan ini menunjukkan semakin populernya media penyiaran sebagai salah satu alternatif masyarakat dalam mendapatkan informasi. Perbedaan sifat dan karakteristik media berpengaruh pada bagaimana suatu sumber berita di-treatment pada masing-masing media. Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara print journalism (surat kabar dan majalah) dengan broadcsat journalism (radio dan TV) yang  ter-range dari terbatasnya durasi sampai cara penyampaian berita.

Perkembangan teknologi komunikasi telah melahirkan masyarakat yang makin besar tuntutannya akan hak untuk mengetahui dan hak untuk mendapatkan informasi. Informasi telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat dan telah menjadi komoditas penting dalam kehidupan masyarakat.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan klik disini

 

Be Sociable, Share!