Prodi Manajemen Dakwah – S1

Profil Manajemen Dakwah

 

Visi

Menjadi program studi yang unggul dan terdepan dalam pengkajian dan pengembangan manajemen dakwah melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Kalimantan pada tahun 2025.

Misi

  1. Mengembangkan ilmu dakwah khususnya dalam bidang manajemen dakwah melalui kegiatan penelitian, pengkajian dan pelatihan bagi mahasiswa.
  2. Mengembangkan keilmuan dan penelitian dalam bidang manajemen dakwah khususnya dalam pemetaan dan penataan dakwah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Menjadikan mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengelola kegiatan dakwah, sehingga dakwah dapat berjalan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan dan kebutuhan masyarakat.
  4. Menjadikan mahasiswa memiliki kemampuan dan kemandirian dalam mengelola organisasi-organisasi sosial keagamaan/lembaga-lembaga keagamaan sebagai wadah dalam pengembangan dakwah di masyarakat.

 

Tujuan

Melahirkan sarjana muslim yang memiliki kemampuan akademis yang berakahlak mulia, berwawasan kebangsaan, dan memiliki integritas tanggung jawab dalam mengembangkan dakwah  khususnya dalam bidang manajemen dakwah, sehingga dakwah dapat berjalan sesuai dengan rencana dan kebutuhan masyarakat.

 

Sasaran

  1. Meningkatkan pemahaman bagi para mahasiswa mengenai teori-teori yang berkaitan dengan ilmu dakwah, manajemen dakwah, manajemen lembaga sosial, problem-problem sosial dan pengembangan model dakwah bagi masyarakat.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengkajian masalah-masalah sosial dan oraganisasi-organisasi sosial keagamaan sebagai obyek kajian dalam pengembangan dakwah
  3. Mendidik dan melatih mahasiswa agar memiliki kemampuan teoritis dan praktis dalam penelitian yang berorientasi pada pengembangan dakwah.
  4. Mengembangkan model-model dakwah melalui kajian-kajian teoritis dan penelitian lapangan untuk pengembangan dakwah.

 

Sejarah

Program Studi Manajemen Dakwah yang ada pada Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Samarinda mulai didirikan pada tahun 1997 di bawah Jurusan Dakwah STAIN Samarinda pada waktu itu yang merupakan pecahan dari STAIN Antasari Banjarmasin Kalimantan Selatan berdasarkan Kepres No. 11 tahun 1997 tentang Pendirian STAIN Samarinda. Izin resmi penyelenggaraan Program Studi Manajemen Dakwah keluar atas dasar Keputusan Direktur Jendral Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI. Nomor: DJ.II/206/2002 tanggal 4 Juli tahun 2002, tentang izin penyelenggaraan Program Studi Manajemen Dakwah Program Sarjana (S-1) pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Samarinda. Kemudian pada tahun 2010, setelah melalui proses penilaian akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terbitlah Surat Keputusan BAN-PT Nomor: 004/BAN-PT/Ak-XIII/S1/2010 dengan nilai B. Pada akreditasi lima tahun berikutnya yaitu tahun 2015 Program Studi Manajemen Dakwah memperoleh nilai B juga melalui Surat Keputusan BAN-PT Nomor: 251/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2015 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi Program Sarjana.

Program Studi Manajemen Dakwah merupakan salah satu program studi yang ada di perguruan Tinggi Negeri, oleh karena itu Program studi Manajemen Dakwah ini mendapat anggaran secara rutin tiap tahun dari APBN yang ditetapkan melalui DIPA IAIN Samarinda. Demikian pula sumber dana yang berasal dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui pembayaan SPP mahasiswa setiap semester.

Program studi Manajemen Dakwahmenempati satu gedung berlantai dua, dengan jumlah ruang sebanyak 3 (tiga) ruang, yang dilengkapi fasilitas:

  1. LCD otomatis, sehingga memudahkan bagi dosen untuk menggunakan LCD dalam mengajar.
  2. Laboratorium Dakwah, berkapasitas 20 orang, dilengkapi 5 (lima) unit komputer, 1 (satu) buah Handycam untuk merekam kegiatan kemahasiswaan, khususnya dalam penguatan mata kuliah, 1 (satu) buah kamera digital , dan 1 (satu) podium untuk praktikum retorika;
  3. Ruang khsusus penyelenggaraan Munaqasah sebanyak 2 (dua) ruang;
  4. Ruang ujian Komprehensif sebanyak 1 (satu) ruang;
  5. Radio Pesona IAIN juga menjadi media praktikum bagi mahasiswa;
  6. Perpustakaan yang refresentatif.

 

Prospek Kerja :

  • Pegawai Negeri Sipil
  • Penyuluh Keagamaan
  • Petugas Humas
  • Petugas Haji dan Kemasyarakatan

Gelar : Sarjana Ilmu Komunikasi Islam (S. Kom. I)

 

 

Be Sociable, Share!