by

IAIN Samarinda Latih Mahasiswa Fakultas Syariah Ukur Arah Kiblat

-IAIN Samarinda-1,025 views

SAMARINDA, BERITAIAIN,- Untuk meningkatan kompetensi keilmuan dan keahlian Mahasiswanya, Fakultas Syariah IAIN Samarinda memberikan pelatihan pengukuran arah kiblat, Sabtu (18/06/2016) bertempat di Musholla Ad Dien Kampus I IAIN Samarinda Jalan Abul Hasan No 3 Samarinda.

Bagi Ust. Jamaluddin, M.Sy selaku pembimbing sekaligus Dosen Ilmu Falaq di lingkungan kampus IAIN Samarinda, pelatihan mengukur arah kiblat bagi mahasiswa IAIN sangat penting. Apalagi ilmu mengukur arah kiblat lengkap dengan koordinatnya itu bersifat ilmu terapan yang bisa berguna langsung di lingkungan masyarakat.

“Pelatihan ini dilaksanakan guna membekali para Mahasiswa sebelum mereka betul-betul terjun ke masyarakat,”Ujarnya.
Dari pantauan media ini, puluhan mahasiswa Fakultas Syariah yang hadir dalam pelatihan mengukur arah kiblat itu terlihat sangat antusias dan apresiatif karena di kampus tempat mereka menuntut ilmu membekali mereka ilmu yang akan berguna langsung di lingkungan masyarakat.

Antusiasme juga ditunjukan oleh para pendidik di lingkungan IAIN Samarinda. Terlihat hadir beberapa dekan dan wakilnya serta ketua program studi juga seluruh dosen Fakultas Syariah.

Dalam pengantarnya Dekan Fakultas Syariah IAIN Samarinda, Dr H Darmawati, M.Hum menyatakan bahwa pengukuran arah kiblat ini diperlukan sebagai bekal keilmuan dan keahlian mahasiswa sebelum mereka benar-benar terjun ke masyarakat.

“Kita tidak bisa main-main dalam menentukan arah kiblat dan itu ada ilmunya. Ilmu mengukur arah kiblat ini nantinya bisa berguna bagi mahasiswa ketika terjun di tengah masyarakat. Ketika mau membangun musolla atau masjid ilmu ini akan sangat dibutuhkan,”Tutur Darmawati.

Dekan Fakultas Syariah IAIN Samarinda itu berharap mahasiswanya mampu menyerap ilmu terapan yang diberikan dan bisa diamalkan di tengah masyarakat nantinya.

Selain pelatihan mengukur arah kiblat, acara itu yang melibatkan mahasiswa dan dosen itu dirangkai dengan buka puasa bersama seluruh civitas akademika Fakultas Syariah IAIN Samarinda.#Muad/humas publikasi.

Ust. Jamaluddin, M.Sy
Ust. Jamaluddin, M.Sy

News Feed