by

Haflah Akhir Sanah Santri Pesantren Kampus (Peskam) IAIN Samarinda

Sambutan oleh WR III (Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag)

SAMARINDA, BERITAIAIN,- Pesantren Mahasiswa (Peskam) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda mempunyai agenda khusus bagi santri dan santriwatinya. Para Santri dan Santriwati Peskam IAIN, Sabtu (4/6/2016) tampak antusias menyambut jalannya acara bertajuk Haflah Akhir Sanah Santri Peskam 2016 di Kampus 2 IAIN Samarinda Jalan H.A.M Rifadin Loa Janan Ilir.

Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd, melalui Wakil Rektor III Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag, mengatakan bahwa Haflah Akhir Sanah Santri Peskam didedikasikan seutuhnya untuk mahasiswa IAIN Samarinda.
“Haflah Akhir Sanah santri Pesantren Kampus (Peskam) atau Ma’had al-Jami’ah IAIN Samarinda merupakan acara tahunan yang diadakan setiap akhir semester dua,”Ungkap Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag ketika membuka acara.
Dalam sambutannya, Noorthaibah yakin apa yang dipelajari santri Peskam 2016 di Pesantren Kampus IAIN Samarinda akan membawa dampak positif. Baik itu bersifat spiritual maupun mental dan kebahasaan.

Dikonfirmasi di tempat berbeda, Dr. Khojir, M.Si selaku direktur utama Peskam IAIN Samarinda mengatakan bahwa Pesantren Kampus atau akrab disebut Peskam di lingkungan Santri IAIN adalah tempat dimana mahasiswa baru disiapkan untuk memasuki dunia perkuliahan di kampus Islam dengan memperbaiki keahlian Membaca Al-Qur’annya.
“Selain mengasah keahlian membaca Al-Qur’an dan adab sopan santun mahasiswa baru, Peskam IAIN Samarinda juga didedikasikan untuk mahasiswa agar bisa mendalami dua bahasa internasional yakni Bahasa Arab dan Bahasa Inggris baik secara verbal maupun tulisan,” tutur dosen asal Lumajang itu.

Khojir mengatakan, di samping program-program lain yang dikhususkan bagi santri yang tinggal di asrama seperti kondusifitas ibadah seperti salat jamaah, Peskam IAIN Samarinda juga memformulasikan beberapa program agar mahasiswa Peskam nantinya memiliki beberapa kemampuan dan keterampilan seperti berdakwah, pidato dengan tiga bahasa.
Dari pantauan media ini, Haflah Akhir Sanah santri dan santriwati Peskam 2016 berjalan lancar dan meriah. Selain pengumuman kelulusan acara juga dirangkai dengan acara wisuda santri tahfidz Al-Qur’an dan penampilan-penampilan seperti drama dua bahasa (Arab dan Inggris), nasyid, kesenian beladiri dan tari.#Sulthon/Humas

News Feed