by

Tes Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Samarinda 2016

-IAIN Samarinda-3,395 views

SAMARINDA, BERITAIAIN,- Program Pascasarjana Strata 2 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, Senin (25/7/2016) mulai menseleksi calon mahasiswa barunya. Dari data pendaftar tercatat 147 calon mahasiswa pascasarjana mendaftar di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) satu-satunya di Bumi Etam, Kaltim dan Kaltara itu.

Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd membuka langsung proses seleksi yang digelar di auditorium utama gedung IAIN Samarinda jalan Abul Hasan No. 3 Samarinda.

Dengan dimulainya proses seleksi calon mahasiswa pascasarjana tahun akademik 2016-2017 itu, IAIN Samarinda berharap mampu ikut serta dalam membangun karakteristik Sumber Daya Manusia (SDM) Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang religious, berwawasan ke-Islam-an, keilmuan, dan ke Indonesian yang luas dan terbuka serta memiliki kemampuan keilmuan yang aplikatif dengan kepekaan yang cerdas terhadap tuntutan perubahan global.

“Kewenangan legal formal penyelenggaraan Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda berdasar pada Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor: Dj.l/1813/2011 tanggal 15 Desember 2011. Banyak perubahan terjadi di kampus IAIN, perubahan itu terjadi untuk kemajuan,” ungkap Muhammad Ilyasin saat membuka acara.

Rektor IAIN Samarinda itu sangat mengapresiasi pilihan calon mahasiswa pascasarjana untuk meneruskan studinya. Bagi Muhammad Ilyasin, apa yang mereka lakukan adalah bentuk usaha mengoptimalisasi kemampuan diri untuk lebih produktif.

“Selamat menjalani ujian masuk pascasarjana, semoga sukses, maju dan semakin bisa melayani ummat,” pesan Muhammad Ilyasin.

Ketua Program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana, Dr. Darwis, M.Si yang juga hadir dalam kesempatan ujian tertulis calon mahasiswa baru itu mengatakan, selambat-lambatnya hasil ujian akan diumumkan seminggu setelah ujian.

Dari informasi yang disampaikan Darwis, Prodi PAI cukup menjadi primadona pilihan calon mahasiswa pascasarjana IAIN Samarinda. “Sebagaimana tahun sebelumnya prodi PAI sangat diminati mahasiswa, kuotanya tahun ini dua kelas. Adapun materi yang akan diujikan, tes kemampuan bahasa Arab, Inggris dan kemampuan akademik” sebutnya.

Hadir dalam pembukaan seleksi mahasiswa baru program pascasarjana itu, direktur pascasarjana, Prof. Dr. Hj. Siti Muri’ah didampingi ketua prodi dan civitas akademika IAIN Samarinda.

Diketahui Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda merupakanan satu-satunya Perguruan Tinggi Islam Negeri di Kalimantan Timur. Peran IAIN Samarinda sangat strategis terutama dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berilmu dan berakhlak mulia.

Lembaga ini telah menghasilkan lulusan terbaiknya di berbagai bidang Pendidikan Islam, Hukum Islam, dan Dakwah Islam, dan telah berkiprah di berbagai lembaga pemerintahan, pendidikan, dan sosial keagamaan.

Sejalan dengan tuntutan kekinian, IAIN Samarinda berupaya untuk terus meningkatkan mutu layanan kependidikan dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih handal dan kompetitif. Salah satu diantaranya adalah menyelenggarakan Program Pascasarjana S2 (Megister).

Kewenangan legal formal penyelenggaraan Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda didasarkan pada Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor: Dj.l/1813/2011 tanggal 15 Desember 2011.

IAIN Samarinda memiliki Visi Menjadi Perguruan Tinggi Unggulan dan Terdepan di dalam pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan, seni dan budaya ke-Islam-an yang kualified dan professional pada tingkat pascasarjana.

Pascasarjana IAIN Samarinda memiliki 6 prodi yang bisa menjadi pilihan calon mahasiswa. Antaranya, Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Anak Usia Dini Islam (PAUDI), Ekonomi Syariah (ES), Hukum Islam (HI), Komunikasi, Penyiaran Islam (KPI).#Tamam/ Humas

News Feed