by

FASYA LAKSANAKAN RUKYATUL HILAL, PENENTUAN 1 DZULQO’DAH 1437 H BERSAMA MAHASISWA

Samarinda- Fakultas Syariah (FASYA) IAIN Samarinda latih sejumlah mahasiswanya melaksanakan Rukyatul Hilal sebagai dasar dalam menentukan 1 dzulqo’dah 1437 Hijriah pada Rabu (03/08) bertempat di Bukit Putih komplek Graha Indah Kelurahan Air Putih Samarinda Ulu.

Kegiatan ini diikuti oleh unsur pimpinan Fakultas Syariah, Dekan, Dr. Hj. Darmawati, M. Hum. Wakil Dekan 1 H. Murjani, S.Ag. S.H. M.H. Ketua Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Hervina. M.Ag. Ketua Prodi Hukum Tata Negara, Muzayyin Akhyar, M.Ud. Kasubbag. Akademik & Kemahasiswaan (Mikwa) Mahyudin, S.Ag. serta sejumlah Dosen dan mahasiswa Fakultas Syariah.

“Kegiatan seperti ini rutin kita laksanakan, selain beberapa waktu lalu kita juga libatkan Mahasiswa kita, para unsur pimpinan dan dosen dalam kegiatan serupa pada penentuan awal Ramadlan dan 1 syawal 1437 H dengan tujuan memberikan bekal keilmuan yang cukup kepada para mahasiswa sebelum mereka benar-benar menjadi anggota masyarakat dan menjadi tokoh ditempatnya ia tinggal”. Ujar Darmawati yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah IAIN Samarinda.

Secara teori mahasiswa kita bekali dengan ilmu falaq (astronomi) sebagai bagian mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa, agar pemahaman mahasiswa tentang ilmu falaq bisa secara mendalam kita juga praktikan langsung dilapangan tentu dengan dibimbing oleh Ahli Falaq, H. Jamaluddin, M.Sy pungkasnya.

Menurut H. Jamaluddin, M. Sy di Kota Samarinda ada beberapa lokasi utk rukyatul hilal seperti di menara mesjid Islamic Centre dan di bukit Sempaja ujung, namun lokasi bukit Batu Putih ini sangat pas dan refresentatif untuk Rukyatul Hilal.

Dengan theodolite yakni alat teropong bulan dan matahari yang dimiliki Fakultas Syariah maka para mahasiswa dapat melihat secara langsung pergerakan posisi matahari saat terbenam sekitar pukul 18.20 wita kemaren. Secara teoritis mereka telah menempuh mata kuliah ilmu falak yg jg dibimbing oleh ustadz / guru H. Jamaluddin, M.Sy.

Dalam penjelasannya Guru Jamal (sapaan akrabnya) menyampaikan data hilal dan matahari pada saat matahari terbenam pada pukul 18.20 wita untuk wilayah Kota Samarinda posisi lokasi di 117.9.00 derajat Bujur Timur. Dan 0.30.00 derajat Lintang Selatan. Adapun ketinggian hilal pada posisi 4 derajat. Dengan demikian kata guru jamal bahwa 1 Dzulqa’dah 1437 hijriyah jatuh pada esok hari (hari ini, red), 4 Agustus 2016.

Salasatu Mahasiswa yang mengikuti kegiatan Rukyatul Hilal Zainuddin Jailani menuturkan senang bisa menimba ilmu di Fakultas Syariah, karena bisa langsung mempraktikan teori-teori yang didapat di ruang belajar.
“ya saya sangat senang dan nyaman kuliah di Fakultas Syariah, teori – teori yang kita dapat langsung dipraktikan, itu sebagai bekal kita nanti ketika lulus dan menjadi anggota masyarakat ditempat tinggal saya, selain itu kuliah di Fakultas Syariah dibimbing oleh dosen-dosen muda lulusan dalam dan luar negeri dan sesuai dengan keahliannya masing-masing, ruang kelasnya sangat representative, gedung-gedungnya baru dan Mahasiswanya banyak mengukir prestasi Nasional maupun lokal”. Tuturnya. Muad/tamam/sulthon/humas/04/08
Rukyatul 2

News Feed