by

Asesor BAN-PT Visitasi Prodi Ekonomi Syariah (ES)

-IAIN Samarinda-1,041 views

SAMARINDA, BERITAIAIN,- Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah (ES) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda Senin (8/8/2016).

Hadir sebagai tim Asesor BAN-PT di Kampus II IAIN Samarinda Jalan HAM. Rifaddin Loa Janan Ilir adalah Prof. Dr. H. Susiknan Azhari, M.A dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dr. Hj. Erina Pane, SH, MH dari IAIN Raden Intan Lampung.

Dalam pengantarnya, Dr. Bambang Iswanto, MH sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mengatakan bahwa proses visitasi oleh asesor BAN-PT di Prodi Ekonomi Syariah IAIN Samarinda sangat penting.

“Bagi kami di Prodi Ekonomi Syariah, proses visitasi ini merupakan hajatan besar yang harus kita dukung dan perjuangkan bersama,” tutur Bambang Iswanto.

Baginya visitasi Prodi Ekonomi Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang dipimpinnya bukan hanya seremonial semata. Lebih lagi bagi Dekan FEBI itu, proses visitasi dan akreditasi Prodinya itu merupakan sebuah pembelajaran demi pengembangan FEBI ke depannya.

“Dengan adanya visitasi ini kita bisa belajar banyak hal, terutama tentang standar mutu sesuai peraturan di BAN-PT,” ujar Dekan FEBI itu.

Senada dengan Deken FEBI, Rektor IAIN Samarinda, Dr. Mukhamad Ilyasin, M.Pd juga mempunyai atensi yang cukup tinggi pada proses visitasi dan akreditasi oleh asesor BAN-PT.

Menurut Rektor yang mudah akrab dengan orang baru itu, IAIN Samarinda harus memiliki standar mutu yang kompeten demi menghasilkan alumni yang berkualitas.

“IAIN Samarinda ini merupakan representasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di dua provinsi Kaltim dan Kaltara. Tanggungjawabnya IAIN untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sangat besar. Maka dari itu terakreditasinya semua program studi demi pengembangan kualitas mutu lembaga merupakan tanggung jawab kita bersama untuk mewarnai peradaban Islam di Bumi Etam Kaltim-Kaltara,” jelas Mukhamad Ilyasin.

Prof. Dr. Susiknan Azhari, MA selaku Ketua Tim asesor BAN-PT yang telah kali ke dua hadir di Samarinda sangat mengapresiasi semangat dan etos kerja Civitas Akademika IAIN Samarinda. “Sudah dua kali saya hadir di IAIN Samarinda masih sebagai asesor, semangat dan kekompakan terus ditunjukan Civitas Akademika IAIN. Inilah ciri-ciri lembaga yang bagus dan akan sukses berkembang nantinya,” tutur Guru Besar UIN Sunan Kalijaga itu.

Dalam penjelasannya, Susiknan Azhari cukup optimis dengan perkembangan ke depan IAIN Samarinda.
Diketahui Visitasi Prodi adalah kunjungan tim asesor ke perguruan tinggi dalam rangka pengamatan lapangan, wawancara, verifikasi data pendukung, serta pendalaman hal-hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.

Sedang Asesor BAN-PT merupakan tenaga pakar pada bidang ilmu,bidang studi, profesi, dan atau praktisi yang mewakili BAN-PT dalam penilaian akreditasi program studi, melalui dua tahap penilaian yaitu penilaian terhadap borang dan atau portofolio program studi/institusi yang disampaikan oleh program studi/institusi beserta lampiran-lampirannya melalui pengkajian “diatas meja” (desk evaluation). Ke dua, Penilaian di lapangan (visitasi) untuk validasi dan verifikasi hasil desk evaluation atau penilaian di tempat kedudukan program studi/institusi.#Tamam/ Humas

News Feed