by

Mahasiswa Gempa Lakukan Pendakian ke Gunung Malihat Paser

-IAIN Samarinda-1,011 views

SAMARINDA, BERITAIAIN,- Sekumpulan mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Mahasiswa Pencinta Alam (GEMPA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda menyelenggarakan kegiatan pendakian ke salah satu gunung tereksotis di Paser Kalimantan Timur.

Sebelum melakukan pendakian, ke 11 mahasiswa IAIN Samarinda itu meminta izin dan doa restu dari Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd di gedung rektorat kampus 2 IAIN Samarinda.

Kepada IAIN NEWS, Ahmad Fajar Saputra selaku ketua UKM Gempa IAIN Samarinda mengatakan, pendakian oleh mahasiswa yang tergabung dalam UKM Gempa ke Gunung Malihat Kabupaten Paser itu bukan dalam rangka main-main apalagi jalan-jalan tanpa tujuan.

Menurutnya, pendakian di salah satu gunung tereksotis di Paser itu dalam rangka mentadabburi alam raya sehingga bertambahlah keimanan kepada sang pencipta alam, Allah SWT.

“Saya berharap rekan-rekan dalam pendakiannya bisa belajar mengenal alam kita. Dengan mengenal lebih dalam ciptaan Allah, insyaallah keimanan kita akan bertambah. Ingat, kita harus tetap jaga kesehatan, aplikasikan ilmu yang selama ini kita bekali dan jangan salah niat,” tutur Ahmad Fajar Saputra di hadapan rekan sejawatnya sesaat sebelum berangkat mendaki.

Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd, melalui Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag selaku Wakil Rektor 3 sebelum pelepasan berpesan agar mahasiswa UKM Gempa harus tetap mencerminkan mahasiswa Islam yang taat beribadah.

“Kami harap mahasiswa UKM Gempa tetap menjunjung tinggi keislamannya. Sebagai mahasiswa di perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri, jangan sampai meninggalkan salat. Meski di atas gunung nanti wajib salat dan dzikir,” pesan Noorthaibah.

Wakil rektor 3 IAIN Samarinda itu mengatakan, selama pendakian berlangsung dirinya berharap mahasiswa Gempa tetap menjaga dan luruskan niat.

“Semoga ananda semua diberi kesehatan oleh Allah SWT dan bisa memperoleh pengalaman yang tidak terlupakan. Kemudian semoga selamat sampai di kampus tercinta IAIN Samarinda,” harap Warek 3 itu.

Diperoleh informasi dari Rendy, kakak tingkat dan salah satu Pembina UKM Gempa IAIN Samarinda bahwa pendakian akan dilakukan selama 1 Minggu. Jauh-jauh hari sebelum pendakian, mahasiswa Gempa telah dilatih dan diberi pengetahuan tentang alam sehingga ketika ketika mendaki mereka telah mengetahui ilmunya.

“Alhamdulillah, mereka insyaallah telah siap untuk mentadabburi alam semesta di gunung Malihat Kabupaten Paser. Kita latih mereka untuk bisa hidup mandiri. Perjalanan menuju Paser, mereka akan ‘ngompreng’ atau numpang kendaraan orang berupa truk dan lainnya menuju Kabupaten paser,” ungkap Rendy.#Tamam/ Humas

News Feed