by

Tunjukan Keunggulan FTIK Melalui Karya Nyata

-IAIN Samarinda-1,050 views

SAMARINDA, IAIN News,- “Kalau kita tinjau dari aspek historisnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) adalah cikal bakal berdirinya IAIN Samarinda, Fakultas paling tua, mahasiswanya paling banyak, gedungnya paling besar dan fasilitas sangat lengkap, dosen-dosennya alumni dalam dan luar negeri serta pegawainya paling banyak, itu bisa dijadikan modal awal untuk mewujudkan cita-cita IAIN menuju UIN,” jelas Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd, Rektor IAIN Samarinda dalam rapat koordinasi dan evaluasi kinerja FTIK di Aula Rektorat Lantai 3 IAIN Samarinda, Rabu pagi, (10/8/2016).

Dalam rapat koordinasi dan evaluasi kinerja itu, HM. Ilyasin meyakinkan Civitas Akademika IAIN Samarinda untuk optimis bisa capai alih status IAIN Samarinda menjadi UIN Samarinda.

“Kuncinya kita harus kompak. Kita harus solid bersama-sama membangun IAIN,” ungkap HM. Ilyasin.
Untuk itu menurut HM. Ilyasin, salah satu langkah nyata yang bisa dilakukan oleh seluruh civitas akademika IAIN Samarinda dalam waktu dekat ini adalah dengan menggagas kelas unggulan.

“Kelas unggulan ini akan diisi oleh mahasiswa-mahasiswi yang secara akademik memiliki kemampuan di atas rata-rata dan mempunyai keahlian-keahlian tertentu,” jelasnya.

Bagi Rektor yang penuh gagasan dan inovasi itu, kelas unggulan nantinya bisa di kelola oleh dosen-dosen professional dan tenaga administrasi yang mumpuni sehingga secara akademik mereka akan ditempa dengan proses akademik yang lebih dari mahasiswa lainnya.

Bagi HM. Ilyasin, sudah saatnya dosen dan karyawan FTIK membangun sebuah karakter yang berbeda dengan fakultas lainnya, ruh atau spirit keguruan harus mampu mewarnai lembaga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) satu-satunya di Kalimantan Timur- Kalimantan Utara.

“Sebagai lembaga yang mencetak tenaga pendidik, Ruh dan spirit keguruan sudah seharusnya melekat dan mewarnai FTIK IAIN Samarinda,” ungkap rektor kelahiran Purworejo itu.

Dari pantauan IAIN News, rapat koordinasi yang dipimpin langsung Plt. Dekan FTIK Dr. Khojir, M.SI yang sekaligus sebagai Direktur Pesantren Kampus itu berjalan dengan lancar. Baik dosen maupun karyawan terlihat antusias menyimak pemaparan rektor. Berbagai tanggapan dan masukan untuk menjadikan FTIK lebih maju pun bermunculan.#Muadzin/ Humas

News Feed