by

Mahasiswa Baru Wajib Ikut OPAK 2016

-IAIN Samarinda-1,417 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiwaan (OPAK) Tahun 2016 wajib diikuti oleh mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.

Hal itu ditegaskan H. Saihudin, MM selaku Kabag Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Samarinda pada IAIN News, Jum’at (12/8/2016) di kantor Akademik Gedung Rektorat IAIN Samarinda Jalan H.A.M Rifaddin Loa Janan Ilir.
Dari penuturan H. Saihudin, OPAK 2016 akan serentak dilaksanakan pada 19-21 Agustus 2016. “Harap diperhatikan oleh seluruh mahasiwa baru IAIN Samarinda Tahun 2016 bahwa OPAK wajib diikuti,” tegas Kabag Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Samarinda itu.

Menurutnya, bagi mahasiswa yang tidak mengikuti OPAK 2016 maka akan ada konsekwensi yang harus ditanggungnya yakni mengikuti OPAK pada tahun-tahun berikutnya.

Ketegasan H. Saihudin itu tidak lain mengingat pentingnya mahasiswa mengikuti orientasi pengenalan akademik dan kemahasiswaan sebelum mahasiswa benar-benar menjadi mahasiswa sesungguhnya.

“Jadi maksud dari orientasi dan pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan ini antaranya untuk mendidik, mem¬bimbing, dan mengarahkan peserta untuk mengenali dan memahami pendidikan di IAIN SAMARINDA,” terang H. Saihudin.

Selain itu kata H. Saihudin, OPAK 2016 memiliki tujuan khusus yang mulia yakni untuk Pengembangan pemahaman dan penghayatan peserta terhadap pen¬didikan di lingkungan kampus, Pengembangan kemampuan inte¬lek¬tual, emosional, dan spiritual, Pemupukan semangat solidaritas dan toleransi di antara civitas aka¬demika, Penumbuhkembangan rasa memiliki dan tanggung jawab aka¬demis ter¬hadap pilihan disiplin ilmu, Pemantapan sikap dan mental pe¬serta.

H. Saihudin menghimbau pada mahasiwa lama yang belum pernah mengikuti OPAK dan belum memiliki sertifikat OPAK bisa mengikutinya bersama adik tingkat yang baru. Sertifikat OPAK merupakan salah satu syarat bisa mengikuti munaqosah skripsi#Tamam

News Feed