by

Dr. Umar Fauzan, M.Pd Beri Pelatihan Jurnal Online di UNIKARTA

-IAIN Samarinda-1,287 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Mengelola karya tulis berupa Jurnal Ilmiah bagi sebagian orang gampang-gampang sulit. Karya ilmiah yang diterbitkan secara berkala itu kadang terkendala mutu dan proses pengelolaannya.

Hal tersebut banyak dirasakan oleh para pengelola di lembaga-lembaga penerbit seperti di asosiasi profesi, lembaga riset maupun lingkungan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Adalah Dr. Umar Fauzan, S.Pd, M.Pd salah seorang dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda mahir dalam proses pengelolaan jurnal ilmiah.

Dikalangan dosen IAIN Samarinda, Umar Fauzan yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan IAIN Samarinda itu sangat dikenal sebagai Bapak Jurnal IAIN. Bagaimana tidak, enam jurnal yang ada di lingkungan IAIN Samarinda seperti Jurnal At-Tijary, Dinamika, Lentera, Fenomena, Syamil hingga Jurnal Madzahib, semuanya tidak lepas dari campur tangan lelaki kelahiran Bangkalan Madura itu.

Umar Fauzan aktif memberi pelatihan pada intern pengelola jurnal ilmiah di lingkungan IAIN Samarinda. Tidak jarang ditemui bahwa beliau sering dimintai informasi dan pelatihan terkait pengelolaan jurnal. Ternyata keterampilan dosen IAIN Samarinda itu tidak hanya tercium di kalangan Dosen IAIN.

Hari ini selepas upacara hari kemerdekaan RI Ke 71, Rabu, (17/8/2016) Dosen IAIN Samarinda itu secara khusus diminta untuk memberikan pelatihan Jurnal Ilmiah Online di salah satu universitas di Kaltim yakni Universitas Kutai Kartanegara (UNIKARTA).

Dalam beberapa kesempatan pelatihan, sering disampaikan Umar Fauzan bahwa menjadi pengelola Jurnal Ilmiah Online itu mudah, asal mau konsisten dan komitment. “Sebenarnya mengelola jurnal itu tidaklah sulit. Asal ditekuni dengan konsisten dan penuh komitmen insyaallah proses pengelolaan jurnal ilmiah online itu bisa dilakukan sesuai standart yang telah ditentukan oleh kopertis,” tutur Umar Fauzan.

Dalam pelatihan Jurnal Ilmiah Online di UNIKARTA itu Umar Fauzan akan memberikan workshop serta trik-trik khusus agar jurnal ilmiah online yang dikelola bisa menjadi jurnal yang berstandar dan bermutu, lalu kemudian ke depannya bisa terakreditasi.#Tamam/Humas

News Feed