by

1.034 Mahasiswa IAIN Samarinda Ikuti OPAK 2016

-IAIN Samarinda-1,076 views

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Ribuan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda Kalimantan Timur mengikuti kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) Tahun 2016 di Masjid Sultan Sulaiman Jalan H.A.M Rifaddin Loa Janan Ilir, Jum’at (19/8/2016).

Adalah Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi program OPAK IAIN Samarinda 2016. Dalam sambutannya Rektor IAIN Samarinda memaparkan pentingnya bagi mahasiswa baru mengetahui secara jelas institusi tempatnya belajar dan menuntut ilmu.

“Sebagai mahasiswa baru, sudah semestinya mahasiswa ini mengenal lebih dalam apa, di mana, kapan dan bagaimananya mereka akan belajar,” kata Mukhamad Ilyasin.

Ia menggambarkan bagaimana seharusnya sebagai mahasiswa baru berlaku dan bersikap di tengah lingkungan kampus.

“Jangan sampai ada seorang mahasiswa yang belum tahu siapa rektor, dekan dan kabag di fakultas masing-masing. Kita harus bangga dan cinta pada lembaga Pergurutan Tinggi Keagamaan Islam Negeri satu-satunya di Kaltim-Kaltara ini,” ujarnya.

Selain sebagai representasi dari dua provinsi menurut Mukhamad Ilyasin, IAIN Samarinda tambah hari makin berkembang baik dari segi infrastruktur serta SDM tenaga pengajarnya. Falsafah IAIN Samarinda sebagai lembaga yang akan terus menggiring peradaban Islam terus digalakan.

“Mahasiswa baru sebagai insan cendikia di lingkungan kampus hijau IAIN harus mulai memiliki rasa memiliki dan rasa tanggung jawab terhadap institusi,” tutur Rektor yang akrab dengan peci hitamnya itu.

“Luruskan niat. Datang ke IAIN Samarinda ini semata-mata untuk mencari dan menuntut ilmu karena Allah SWT,” pesannya.

Ketua panitia OPAK IAIN Samarinda, H. Saihuddin melalui sekretarisnya, Sumarno, M.Kom mengatakan, peserta OPAK tahun ini mencapai 1.034 mahasiswa baru dan lama.

“Tahun ini mahasiswa baru IAIN Samarinda dari data yang kita miliki cukup signifikan tinggi jumlahnya bila dibanding pada tahun sebelumnya,” ujar Sumarno.

OPAK IAIN Samarinda tahun 2016 mengangkat tema Paradigma Sosial Mahasiswa Dalam Mengimplementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, tema ini lahir merupakan salah satu bentuk implementasi dari misi IAIN Samarinda pada poin 1 dan 2 yang berbunyi mengembangkan ilmu pengetahuan, seni dan budaya ke Islaman yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

Untuk mengenalkan IAIN lebih dalam, tim panitia memberikan materi seputar kegiatan akademik di lingkungan kampus seperti kebijakan lembaga dan pimpinan, kebijakan akademik dan kelembagaan, kebijakan kemahasiswaan dan kebijakan pendidikan agama dan keagamaan.

Kegiatan OPAK 2016 akan berlangsung dari hari Jum’at, 19-21 Agustus 2016.#Tamam/ Humas

News Feed