by

Prof. Joni Hermana, Tinjau Ulang Ajaran Islam

LAMPUNG, IAIN NEWS,- Ajaran Islam perlu kembali ditinjau agar kontribusinya pada ilmu dan pendidikan di Indonesia makin terasa. Begitu ungkapan Prof. Joni Hermana P.HD Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) hari ke tiga, Rabu (3/11/2016).

Rektor ITS Surabaya itu memaparkan jurnalnya yang berjudul revisiting Islamic teaching on sciences and education in Indonesia dengan sangat santun.

Prof. Joni Hermana mengatakan kalau dahulu seorang guru bagi murid seluruh kata-katanya adalah fatwa tapi sekarang telah bertransformasi bahwa guru bagi murid merupakan fasilitator.

“Sudah saatnya kita bersama sadar diri bahwa dunia pendidikan itu sifatnya selalu fluktuatif dan berkembang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat di zamannya,” tutur Rektor ITS Surabaya itu di hadapan ribuan participant dan listeners AICIS.

Dikatakannya, sudah saatnya ajaran Islam juga bertransformasi menyesuaikan zaman dan kebutuhan masyarakat. “Ajaran Islam seharusnya tidak hanya fokus tentang bagaimana caranya mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Tapi lebih dari itu, pendidik harus mampu mentransfer pengetahuan tentang ilmu itu sendiri.”

Rektor ITS Surabaya itu menjelaskan bahwa konteks memberikan ilmu pengetahuan pada peserta didik lebih bersifat material sedang transfer pengetahuan tentang ilmu memiliki konteks yang lebih luas lagi.

“Ada dua mahasiswa S1 dan S2. Secara kasat mata seharusnya mahasiswa yang sudah menyelesaikan jenjang pendidikan S2 nya lebih matang secara keilmuan dan karakter dari mahasiswa yang baru lulus jenjang S1. Tapi yang terjadi di masyarakat adalah kadang sebaliknya. Jadi tidak ada jaminan bahwa semakin tinggi ajaran yang diterima akan semakin tinggi pula karakternya melekat dalam diri,” jelasnya.

Untuk itu menurut Doctor of Philosophy (Environmental Engineering), University of Newcastle Upon Tyne, United Kingdom ini sudah saatnya pendidikan ajaran Islam mampu menjadi wajah yang baik melalui pendidikan.#

News Feed