by

Workshop Jurnalistik KPI Hadirkan Praktisi Jurnalistik Penyiaran Kaltim

SAMARINDA, IAIN NEWS,- Workshop jurnalistik penyiaran yang digelar Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, berlangsung meriah.

Kegiatan yang dilaksanakan di auditorium kampus I IAIN, Jalan Abul Hasan itu, dihadiri oleh sejumlah pemateri yang aktif bergelut di bidang jurnalistik penyiaran.

Para mahasiswa dari berbagai jurusan di kampus tersebut tampak antusias dalam menyimak maupun mengikuti kegiatan tersebut.

Materi pertama tentang dasar-dasar jurnalistik disampaikan oleh kontributor Net TV, Awwaluddin Jalil. Lalu, materi selanjutnya tentang perencanaan hingga produksi dan penayangan di televisi, disampaikan secara bersamaan oleh Kepala Biro Kompas TV Tenggarong, Jasmin Jafar, dan Kepala Biro Mnc Media, Tino Tindangen.

Tak hanya menyampaikan meteri saja, namun kru Kompas TV membawa peralatan penyiaran ke auditorium IAIN, guna langsung mengadakan talk show dengan Dekan FUAD dan panitia penyelenggara.

Hal tersebut sengaja dibawa oleh Kompas TV, guna dapat menunjukan langsung aktivitas sebelum dan sesudah penayangan di televisi.

“Sengaja saya bawa peralatan ini, untuk menunjukan langsung kerja-kerja di dunia pertelevisian. Mulai dari persiapan alat, materi yang akan dibawakan, hingga selesainya talk show. Jadi, peserta workshop ini punya gambaran langsung,” tutur Kepala Biro Kompas TV Tenggarong, Jasmin Jafar, Sabtu (29/10).

Sementara itu, Dekan FUAD, Dr. H. Muhammad Tahir, S.Ag, MM menjelaskan, kegiatan tersebut sengaja digelar untuk memberikan pemahaman tambahan kepada mahasiswa tentang jurnalistik penyiaran, terlebih di IAIN terdapat Prodi KPI.

“Ini untuk menguatkan materi yang diberikan di kelas. Dengan hadirnya sejumlah pakar dibidang jurnalistik penyiaran ini, tentu kami berharap nantinya mahasiswa kami juga dapat berkiprah di bidang ini, dan mereka dapat mempraktikkannya nanti,” ungkapnya.#

News Feed