by

Wakili IAIN Samarinda, Dr. M. Abzar D, M.Ag Ikuti Penguatan Manajemen Keuangan di Turki

-IAIN Samarinda-1,068 views

ISTAMBUL, IAIN NEWS,- Dr. M. Abzar D, M.Ag Wakil Rektor II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda menjadi satu dari 11 delegasi PTKIN di Indonesia yang mengikuti kegiatan Overseas Training on Financial Management Program, 18-27 November 2016 di Marmara University Istambul Turki.

Diperoleh informasi dari Dr. M. Abzar D, M.Ag melalui sambungan seluler langsung dari Turki bahwa kegiatan training on financial managemen ini diikuiti oleh peserta dari UIN Jakarta, UIN Medan, IAIN Pekalongan, IAIN Cirebon, IAIN Samarinda, IAIN Palopo, IAIN Kendari, IAIN Mataram, IAIN Jember, IAIN Tulung Agung dan peserta dari Ditjen Pendidikan Islam.

Kedatangan delegasi PTKIN dari Indonesia diterima langsung oleh Dekan Fakultas Teologi, Prof. Dr. Ali Kose. Dalam sambutannya dekan Fakultas Teologi Marmara University itu menyampaikan bahwa kegaitan training on financial manajemen ini akan bermanfaat bagi ke dua negara dalam pengembangan perguruan tinggi.

Wakil rektor II IAIN Samarinda Dr. M. Abzar D, M.Ag menyampaikan selain pendalaman tentang manajemen perguruan tinggi, pelatihan ini akan dilanjutkan dengan dua seminar yang akan membahas tentang perkembangan sains Islam (Islamic Sciences) dan Ilmu Kependidikan di Turki dengan narasumber Prof. Dr. Mehmer Ali Bayukkara dan Prof. Dt. Syafi Kenan.

Dalam kesempatan berikutnya, delegasi akan melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Marmara dan melakukan sejumlah MoU dengan masing-masing PTKIN.

Di sela-sela kegiatan, peserta juga melakukan field study sejarah dan budaya Turki di Konya dan Istambul. Sebagai salah satu wilayah di Turki, Konya memiliki sejumlah cagar budaya peradaban Islam, antara lain Museum Maulana Rumi. Sementara Istambul merepresentasikan berkumpulnya peradaban klasik dan modern dalam Islam.#

News Feed